Welcome to BaleBale Gapleh

Terima kasih telah mengunjungi blog BaleBale Gapleh. Semoga anda nyaman disini.

Berikan komentar jika anda berkenan. Komentar anda sangat kami harapkan sebagai bantuan dan dukungan dari anda bagi kami.

Selasa, 30 November 2010

KERUGIAN DAN MANFAAT MEROKOK


Artikel ini saya buat karena memang saya sendiri adalah seorang perokok, tentunya ketika saya search  di mesin pencari hasilnya mengejutkan. Sebelumnya saya menganggap bahwa rokok itu hanya dapat merugikan saja. Malahan seperti yang saya tahu selama ini, tidak ada informasi jelas mengenai manfaat rokok. Pada kesempatan ini saya akan menuangkan beberapa informasi penting bagi para perokok. Saya anggap hal  ini masih jarang diketahui banyak orang. 
Artikel yang saya tulis merupakan hasil dari pencarian atau rangkuman dari artikel-artikel lain. Tentunya merupakan buah pikir dari banyak sumber. Tidak usah khawatir, saya akan memberi tahu anda sumber-sumber tersebut. Namun, pada dasarnya tulisan ini bukan bermaksud untuk mengajak pembaca sekalian untuk menjadi seorang perokok. Informasi ini hanya bermaksud untuk memberikan informasi yang tepat dan akurat bagi siapa saja yang membutuhkannya.
Baiklah kita langsung saja pada pembahasan mengenai rokok. Sebelum masuk pada pembahasan inti, saya beritahukan bahwa menurut Wikipedia  Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.
Masih menurut Wikipedia, menceritakan bahwa Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika, untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. Pada abad 16, Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari para penjelajah Eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual, di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam.
Jadi apa saja kerugian dan manfaat rokok itu? Baca baik-baik ya...(lebih emak kalau sambil merokok dan nyerupput kopi item) hehehehehe....

Kerugian Merokok:
Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet. Dan Memberikan efek ketagihan karena bersifat candu  (Sumber : organisasi.org)
Merokok menyebabkan kanker mulut, pita suara dan esofagus. Wanita perokok kemungkinan 13 kali lebih tinggi kena kanker paru paru dibanding yang tidak merokok. Sedangkan pria perokok 23 kali lebih tinggi terkena kanker paru paru dibanding yang tidak merokok. Kanker perut dan lambung, kanker ginjal, kanker pankreas, bila fatal dapat menyebabkan diabetes mellitus I kencing manis, kanker leher rahim, kangker darah/Leukemia. Perokok beresiko 3 kali lebih tinggi menderita katarak yang dapat menyebabkan kebutaan. Rokok dapat menjadi penyebab utama stroke dan kerusakan otak. Perokok beresiko 10 kali lebih tinggi menderita periodontitis (gusi terbakar yang mengarah ke infeksi) sehingga dapat merusak jaringan halus dari tulang. Selain itu dapat mengakibatkan pneumonia, bronchitis, asthma, batuk kronis, gagal jantung, serangan jantung, hipertensi, dan stroke. Kemandulan, bayi lahir prematur, bayi lahir berat badan kurang (BBLR) dan ganguan pernapasan. (Sumber: innerpower.wordpress.com)

Manfaat Merokok:
Berikut adalah 10 manfaat merokok yang saya kutip dari wikimu.com
  1. Merokok Mengurangi Resiko Parkinson, Banyak bukti yang menunjukkan bahwa merokok melawan penyakit Parkinson. Sebuah penelitian terbaru menambah kuat bukti sebelumnya yang melaporkan bahwa merokok dapat melindungi manusia dari penyakit Parkinson.  Secara khusus, penelitian baru tersebut menunjukkan hubungan temporal antara kebiasaan merokok dan berkurangnya risiko penyakit Parkinson.  Artinya, efek perlindungan terhadap Parkinson berkurang setelah perokok menghentikan kebiasaan merokoknya. Studi lain mengenai pengaruh positif merokok terhadap Parkinson Desease (PD) adalah sebuah penelitian terhadap 113 pasangan kembar laki-laki. Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Tanner terus melihat perbedaan yang signifikan ketika dosis dihitung sampai 10 atau 20 tahun sebelum diagnosis.  Mereka menyimpulkan bahwa temuan ini menyangkal pernyataan bahwa orang yang merokok cenderung memiliki PD.
  2. Perokok lebih kuat dan cepat sembuh dari serangan jantung dan stroke, Penelitian besar menunjukkan manfaat lain merokok, yakni manfaat terhadap restenosis atau penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah menjadi terbatas, seperti pembuluh darah ke jantung (cardiovaskular disease) atau ke otak (stroke)  Perokok memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bertahan hidup dan penyembuhan yang lebih cepat. Penelitian lain menyebutkan krbon mnoksida dapat mengurangi serangan jantung dan stroke.  Karbon monoksida merupakan produk sampingan dari asap tembakau.  Sebuah laporan menunjukkan tingkat sangat rendah dari karbon monoksida dapat membantu para korban serangan jantung dan stroke.  Karbon monoksida menghambat pembekuan darah, sehingga melarutkan gumpalan berbahaya di pembuluh arteri.  Para peneliti memfokuskan pada kemiripan yang dekat antara karbon monoksida dengan oksida nitrat yang menjaga pembuluh darah tetap melebar dan mencegah penumpukan sel darah putih.  Baru-baru ini oksida nitrat telah ditingkatkan statusnya dari polutan udara biasa menjadi penghubung fisiologis terpenting kedua secara internal.  Oleh karena itu tidak akan mengherankan kalau karbon monoksida secara paradoks dapat menyelamatkan paru-paru dari cedera akibat penyumbatan pembuluh darah ke jantung (cardiovascular blockage).
  3. Merokok mengurangi resiko penyakit susut gusi yang parah, Dulu disebutkan bahwa tembakau adalah akar semua permasalahan penyakit gigi dan mulut.  Padahal sebuah studi menunjukkan bahwa sebenarnya perokok berisiko lebih rendah terhadap penyakit gusi.
  4. Merokok mencegah asma dan penyakit karena alergi lainnya, Sebuah studi dari dua generasi penduduk Swedia menunjukkan dalam analisis multi variasi, beberapa anak dari para ibu yang merokok sedikitnya 15 batang sehari cenderung memiliki peluang yang lebih rendah untuk menderita alergi rhino-conjunctivitis, asma alergi, eksim atopik dan alergi makanan, dibandingkan dengan anak-anak dari para ibu yang tidak pernah merokok.  Anak-anak dari ayah yang merokok sedikitnya 15 batang rokok sehari memiliki kecenderungan yang sama.
  5. Nikotin membunuh kuman penyebab tuberculosis (TBC), Suatu hari Nikotin mungkin menjadi alternatif yang mengejutkan sebagai obat TBC yang susah diobati, kata seorang peneliti dari University of Central Florida (UCF).  Senyawa ini menghentikan pertumbuhan kuman TBC dalam sebuah tes laboratorium, bahkan bila digunakan dalam jumlah kecil saja, kata Saleh Naser, seorang profesor mikrobiologi dan biologi molekuler di UCF. Kebanyakan ilmuwan setuju bahwa nikotin adalah zat yang menyebabkan orang menjadi kecanduan rokok.
  6. Merokok mencegah kanker kulit yang langka, Seorang peneliti pada National Cancer Institute berpendapat bahwa merokok dapat mencegah pengembangan kanker kulit yang menimpa terutama orang tua di Mediterania wilayah Italia Selatan, Yunani dan Israel.  Bukan berarti merokok disarankan untuk populasi itu, kata Dr James Goedert, namun yang penting adalah merokok tembakau dapat membantu untuk mencegah kanker yang langka bentuk. Dan ini adalah sebuah pengakuan dari peneliti di National Cancer Institute bahwa ada manfaat dari rokok.
  7. Merokok mengurangi resiko terkena kanker payudara, Sebuah penelitian baru dalam jurnal dari National Cancer Institute (20 Mei 1998) melaporkan bahwa pembawa mutasi gen tertentu (yang cenderung sebagai pembawa kanker payudara), yang merokok selama lebih dari 4 pak tahun (yaitu, jumlah pak per hari dikalikan dengan jumlah lamanya tahun merokok) menurut statistik ternyata mengalami penurunan signifikan sebesar 54 persen dalam insiden kanker payudara bila dibandingkan dengan pembawa yang tidak pernah merokok.  Salah satu kekuatan dari penelitian ini adalah bahwa penurunan insiden melebihi ambang 50 persen.
  8. Nitrat Oksida dalam nikotin mengurangi radang usus besar, Nikotin mengurangi aktivitas otot melingkar, terutama melalui pelepasan nitrat oksida, dalam kasus ulcerative colitis (UC) atau radang usus. Temuan ini dapat menjelaskan beberapa terapi manfaat dari nikotin (dan merokok) terhadap UC dan dapat menjelaskan mengenai disfungsi penggerak kolon pada penyakit aktif.
  9. Efek transdermal nikotin pada kinerja kognitif (berpikir) penderita Down Syndrome, Sebuah penelitian mengenai pengaruh rangsangan nikotin-agonis dengan 5 mg jaringan kulit implan, dibandingkan dengan plasebo (obat kontrol), pada kinerja kognitif pada lima orang dewasa dengan gangguan.  Perbaikan kemungkinan berhubungan dengan perhatian dan pengolahan informasi yang terlihat pada pasien Down Syndrom dibandingkan dengan kontrol kesehatannya.
  10. Merokok baik bagi ibu hamiluntuk mencegah hipertensi di masa kehamilandan penularan ibu-anak infeksi Helicobacter pylori, konsentrasi urin continine (tembakau yang bermetabolis di dalam tubuh) mengkonfirmasi berkurangnya resiko preklamsia dengan paparan tembakau exposur. Preeklamsia adalah kondisi medis dimana hipertensi muncul dalam kehamilan (Kehamilan dengan hipertensi) yang bekerja sama dengan sejumlah besar protein dalam urin. Studi ini walaupun kecil, menunjukan salah satu manfaat dari merokok dari kehamilan.
Demikianlah beberapa manfaat merokok yang saya dapat dari wikimu.com. dengan demikian informasi ini masih membutuhkan tinjauan lebih lanjut dan peneliti-peneliti yang masih mengamatinya hingga kini.
Sekali lagi, tulisan ini bukan bermaksud untuk mengadu domba antara orang yang anti asap rokok dan para perokok berat yang sudah sangat parah sekali. Namun memberikan keyakinan pada saya bahwa segala sesuatu yang tuhan ciptakan di dunia ini pasti ada manfaatnya. Akhir kata saya ucapkan selamat membaca posting-posting saya yang lainnya. Jangan lupa isi komentar yang sudah saya sediakan di akhir posting. Bagi anda yang mau melanjutkan merokok sambil minum kopi saya persilahkan... hehehehe.

Rabu, 24 November 2010

Design sepanduk, Brosur, Pamflet, Booklet dan Media promosi lainnya.









Berikut ini adalah beberapa contoh design media promo yang biasanya dipakai. saya memposting gambar-gambar tersebut untuk menjadi bahan refrensi. Kali ini saya gunakan contoh-contoh design pamflet untuk promo pertunjukan Badut&Sulap. Jika gambar tersebut bukan tema yang anda maksud, mungkin kami suatu saat akan mempostingnya.
Namun, sayangnya saya hanya akan memposting design dalam format .JPG, karena design tersebut hanya bertujuan sebagai refrensi dan saya sarankan jangan meniru sama persis seperti apa yang saya posting. Mungkin para bloger bisa menambahkan atau mengurangi komposisi dari gambar-gambar tersebut.

Skedar promo, saya juga menerima jasa layanan design yang memungkinkan para pembaca yang akan membuka usahanya untuk di buatkan properti promosinya. Saya menerima berbagai jenis design, baik itu Pamflet, Bener, Sepanduk, Rancangan Outlet dll.

Jika ada yang membutuhkannya bisa langsung menghubungi saya Via e-mail: dhiforester@gmail.com

Untuk yang ingin Design Gratisan akan saya berikan dalam format cdr, jadi untuk sementara sedot z yang ada dulu ya... hehehehehhe!

Lomba Foto Sampoerna Mild (Update)

Udah habis kopi, Rokok dan--
Udah capek main-mainin Font akhirnya selesai juga Update dari Lomba Foto Sampoerna Mild ini. Yukk... yang pengen bisa langsung Sedot z.






















Minggu, 21 November 2010

LOMBA FOTO SAMPOERNA MILD

Dalam entri yang satu ini, admin memuat beberapa foto yang sudah di edit sehingga menjadi tapilan iklan promo Sampoerna Mild. Sayangnya Admin tidak mengetahui sumber dan potografer dari foto-foto tersebut.

Opss... Tidak masalah, Tujuan Admin hanya ingin ikutan pamer produk design tulisannya saja. heuheuehueheuehu..

Semoga bermanfaat.

Rabu, 03 November 2010

DESIGN BUSINESS CARDS (DESIGN KARTU NAMA)

Di sini juga kami muat beberapa design kartu nama, untuk jangka watu dekat kami update setiap minggunya. Jadi jangan nyesel dulu karena baru sedikit design yang kami muat yaa....

Senin, 01 November 2010

DESIGN T-SHIRT (DESIGN KAOS)

Pada kesempatan kali ini kami memuat beberapa design kaos kreasi kami sendiri. Jika ada yang berminat, bisa memesannya dengan cara datang langsung ke:

Jln. Anggrek 4 No.15
Perumnas Ciporang Kuningan Jawa Barat. RT 20 RW 04
Gambaran kaos jelasnya bisa di lihat di tempat produksi.

no hp: 087829873254

Untuk sementara kami memuat sebagian dari design t-shirt, kami melakukan update pada design t-shirt ini setiap minggunya.








CARA PEMBUATAN PELET KELINCI

Pada saat ini, pelet kelinci merupakan makanan alternatif bagi pemelihara yang mungkin malas atau enggan untuk mencari rumput dan hijauan yang terkadang sulit di dapatkan. Apalagi bagi pemelihara kelinci hias yang mungkin punya kesibukan lain selain mengurusi kelinci.

Saat ini kami akan memberikan beberapa penjelasan mengenai pembuatan Pelet Kelinci yang bersekala besar maupun Kecil. Tentunya penulis pernah mendapatkan pengalaman sehingga berani menuliskannnya di blog ini.

Mulanya Pelet kelinci merupakan konsentrat kandungan gizi yang di butuhkan oleh kelinci dalam bentuk yang lebih sederhana. Sehingga pelet ini mudah disimpan dan tahan lama. Namun, banyak orang yang mengeluhkan tingkat harga pelet kelinci yang relatif mahal.

Membuat Sendiri Pelet Kelinci berkualitas.

Pada kesempatan ini saya mendapatkan masukan dari beberapa sumber untuk menuliskan bagaimana membuat pelet kelinci bersekala kecil untuk di konsumsi kelinci peliharaan di rumah. Namun sebelumnya saya jelaskan bahwa tips ini adalah kombinasi bari berbagai sumber dan saya praktekan sendiri di rumah.

Bahan-bahan:
·         Ampas Tahu (Bisa di ganti dengan tepung kedelai)
·         Bekatul (dedak Halus)
·         Tepung Jagung
·         Mineral (Berupa tepung tulang dan garam yodium)
·         Arang aktif
·         Rumput kering (Jika ada/pengganti bekatul dan dedak halus)
·         Daun Kaliandra kering (Jika ada/pengganti bekatul dan dedak halus)
·         air bersih

Alat-alat:
·         Bak plastik (untuk mencampur adonan pelet)
·         Sendok / centong
·         Panci kukus
·         Kompor
·         Alat manual pembuat mie (bisa di gantikan dengan penggilingan daging)
·         Plastik bening
·         open (jika ada)

Cara Pembuatan:
campur adonan pelet berupa ampas tahu yang masih hangat sebesar 15% dengan tepung jagung 50% Bekatul atau dedak halus 20% Tepung Tulang beserta garam yodium 5% Arang 1% dan daun kaliandara atau rumput kering 9%. Jika daun kaliandara dan rumput tidak ada maka komposisi di tambahkan pada tepung jagung.
Adonan di campur rata dengan pelarut air hingga menyatu sepenuhnya menjadi adonan pada bak pelastik.

Setelah yakin merata, kukus adonan pada panci dengan suhu yang tinggi selama 30 menit. Warna adonan akan berubah menjadi lebih tua.

Selagi panas, cetak adonan pada alat pembuat mie atau penggilingan daging sehingga akan membentuk adonan memanjang.

keringkan adonan dengan open, jika tidak ada bisa di jemur hingga benar-benar krining dengan alas pelastik.

Dengan demikian pelet buatan sendiri sudah bisa di konsumsi oleh kelinci kesayangan anda. Semoga Tips ini bermanfaat.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Colgate Coupons