Skip to main content

Ilmuan Swedia Berhasil Membuat Jubah Tembus Pandang Untuk Kmuflase



Mungkin jika kita membayangkan “Jubah Tembus Pandang” tentunya perhatian kita akan beranjak pada jubah Herry Potter yang mana mampu menyamarkan tubuhnya dengan hanya menggunakan sehelai jubah saja. Hal tersebut seperti yang telah di garap oleh para ilmuan asal Swedia yang mana mereka membuat sebuah jubah yang di peruntukan bagi kendaraan-kendaraan militer. Adapun kegunaan jubah ini adalah untuk memberikan efek kamuflase/penyamaran kendaraan militer agar lebih mirip dengan kondisi lingkungan disekitarnya.

Proyek ini dikerjakan oleh ilmuan di BAE System asal Swedia. Sedangkan proyek ini sendiri di beri nama Adaptiv dan masih berlangsung sejumlah percobaan hingga dua tahun yang akan datang. Latar belakang alat militer ini adalah untuk melindungi sejumlah kendaraan militer seperti Tank yang mana sering sekali di buru oleh roket pencari panas. Dengan menggunakan jubah ini diharapkan Tank yang sudah dilindungi dengan jubah ini mampu lolos dari buruan visual maupun sensor.

Pada dasarnya jubah ajaib ini merupakan kepingan logam yang berbentuk heksagonal sebesar telapak orang dewasa. Keistimewaan lain dari logam ini adalah mampu dipanaskan atau di dinginkan dengan waktu yang singkat yang kemudian mampu menyamarkan dirinya dengan lingkungan sekitar. Kebutuhan kepingan tersebut untuk melindungi sebuah tank kecil dibutuhkan sebanyak 1000 kepingan logam tersebut.


Pada dasarnya cara kerja dari jubah ini adalah kemampuan memindai lingkungan sekitar. Kemudian pola hasil pemindaian tersebut di proyeksikan dengan pada panel logam tersebut. Untuk menampilkan hasil pemindaian tersebut dengan baik maka selanjutnya menggunakan citra inframerah. Dengan cara demikian tank atau kendaraan militer lainnya yang menggunakan jubah ini akan terlihat seperti mobil biasa atau malahan bisa terlihat sebagai seekor sapi yang sedang berdiam di semak-semak.

Berdasarkan pernyataan dari Peter Sjolund, yang merupakan pimpinan proyek menyatakan bahwa tekhnologi jubah ajaib ini bekerja layaknya layar televise termal. Selain mampu membawa koleksi gambar yang sudah ada/ tersimpan dengan tekhnologi ini juga bisa mengambil gambar yang sesuai dengan lingkungan sekitarnya apa bila diinginkan.

Hingga saat ini tekhnologi tersebut masih di kembangkan, dengan demikian untuk lebih lanjutnya jubah ajaib ini akan semakin canggih.

Sumber: National Geographic Indonesia/Agung Dwi Cahyadi


Comments