Skip to main content

BAGAIMANA TULISAN BERPENGARUH PADA KEHIDUPAN MANUSIA

 
Dari jaman ke jaman tulisan berperan dalam perkembangan peradaban manusia. Berbagai fakta menyatakan bahwa tulisan merupakan salah satu kelebihan manusia untuk dapat mengabadikan ungkapan yang kemudian diinformasikan pada individu lain. Tulisan sudah digunakan manusia sejak dahulu kala dan pertama digunakan pada saat akhir jaman pra-sejarah. Tulisan terbukti dapat mempengaruhi kehidupan manusia, baik dalam hal perkembangan teknologi, sosial, politik dan perkembangan budaya. Tulisan lah yang memisahkan antara jaman dimana manusia mengenal tulusan dan saat jaman dimana manusia belum mengenal tulisan. Hal tersebut yang berkaitan dengan penggunaan bahasa setelahnya.

Tulisan ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, manusia menggunakannya untuk berbagai hal dan keperluannya dalam menjalankan roda kehidupannya.  Saat manusia membaca dan membuat tulisan itu sendiri , manusia akan merasakan berbagai hal. Sedih, senang, bingung, terkejut dan sebagainya akan dirasakan manusia saat dirinya membaca atau menulis sebuah tulisan.


Sudah sejak lama manusia mengapresiasikan idenya dalam bentuk tulisan dan mencari ide dengan membaca. Ada dua hal yang sulit dipisahkan dalam hal ini, yaitu membaca dan menulis. Kita akan teringat pelajaran pertama yang kita dapat saat duduk di bangku sekolah, yaitu membaca dan menulis juga tentunya. Ini membuktikan bahwa kebutuhan pendidikan yang wajib dimiliki manusia adalah membaca dan menulis.

Hingga sekarang, tulisan digunakan hampir oleh seluruh manusia yang hidup di planet bumi ini. Sedangkan tulisan tersebut digunakan untuk berbagai hal yang mungkin diantaranya adalah sebagai sarana komunikasi, informasi, media sosialisasi, atau hanya sekedar sebagai seni karya pribadi. Namun dari berbgai peran serta tulisan dalam perkembangan peradaban manusia ternyata tulisan dapat juga digunakan sebagai senjata ampuh. Mengingat bahwa peradaban manusia tidak lepas dari peperangan, tulisan adalah air yang mengalir menghiasi setiap alur cerita dalam peperangan selama peradaban manusia hingga sekarang. Faktor sosial adalah hal yang paling berpengaruh dalam berbagai kehidupan manusia. Isu, informasi dan ilmu pengetahuan dan tekhnologi berganutng pada kemampuan manusia meramu tulisannya hingga dapat dibaca oleh individu lain. 


Banyak penulis-penulis yang dikenal sepanjang hidupnya hingga sekarang. Hal tersebut karena selama ia menulis dan mempublikasikannya terasa berbagai perubahan dan kejadian yang secara langsung dipengaruhi oleh isi dari tulisannya. Misalkan saja William Shakespeare yang sepanjang hidupnya di abdikan untuk menulis berbagai cerita berupa karya sastra. Hingga sekarang karya-karyanya digunakan dan dibaca oleh manusia modern jauh setelah ia meninggal. Atau tak jauh penulis lokal seperti Soe Hok Gie yang hingga sekarang dikenang atas talentanya dalam menulis hingga dapat mempengaruhi iklim politik dan sosial bangsa kita.

Tulisan bukan sebuah senjata fisik, menghancurkan dan menerjang objeknya secara sporadis. Namun tulisan adalah sebuah air yang segar, mengisi setiap relung dahaga umat manusia disetiap langakahnya. Jika tulisan itu racun maka teracuni pulalah orang-orang yang membacanya. Namun jika tulisan itu adalah susu maka sehat dan bugarlah orang-orang yang membacanya.

Kedamaian akan menjadi sesuatu yang tidak mungkin jika jika tidak ada tulisan dan kehidupan yang tentram dan nyaman ini merupakan pengaruh tidak langsung dari tulisan-tulisan orang-orang terdahulu. Tulisan seperti tanah yang jika ditanami dan di pupuk akan tumbuh subur hingga gemerlap hijaunya memberikan kehidupan orang-orang disekitarnya.


Comments