Skip to main content

PEREKAT PALING KUAT DI DUNIA TERNYATA TERINSPIRASI DARI KAKI TOKEK


Tahukah anda dengan hewan yang bernama Tokek? Seperti yang sudah kita ketahui bahwa hewan ini mampu berjalan di atas permukaan dinding yang datar tegak lurus melawan gravitasi sekalipun. Walaupun permukaan yang datar dan halus tidak membuat hewan ini terjatuh dari tempat dimana ia berjalan. Kemampuan inilah yang menjadi perhatian sejumlah ilmuan untuk mengembangkan sebuah alat perekat terkuat di dunia. Selain kuat alat ini mampu melepas objeknya tanpa usaha yang keras, ini mirip sekali dengan kinerja kaki hewan tokek tersebut dimana kaki tokek menempel dan di angkat dengan sangat mudah oleh hewan tersebut tanpa usaha keras. Begitu juga dengan perekat dari kaki tokek terlihat tidak ada sisa/residu yang menempel pada permukaan dinding. Sehingga saat berjalaan hewan ini tidak meninggalkan jejaknya sama sekali.

Hasil penelitian dari tim peneliti di University of Massachusetts berhasil memadukan kemampuan kaki hewan tokek tersebut pada sebuah perangkat yang diberi nama “Geckskin”. Perangkat ini ditempel berupa lapisan halus yang disusun menjadi serupa dengan kain yang bersifat kaku. Pada hasil tes awal, bahwa “Geckskin” sebesar kartu mampu menopang sebuah objek seberat 700 Pounds. Percobaan dilakukan pada permukaan yang datar dan halus, kemudian mencobanya pada permukaan miring terbalik. Perangkat ini mampu dilepas dengan mudah dan tidak meninggalkan residu di bagian belakang objeknya.

Perangkat ini kemudian akan bermanfaat untuk berbagai keperluan, misalkan saja untuk menempelkan televise sebesar 14 inc pada dinding yang tegak dan dapat dilepaskannya tanpa meninggalkan bekas pada permukaan dinding. Hasil penemuan ini masih dalam pengembangan, karena dimungkinakan dapat digunakan dalam dunia kedokteran dan bidang lain. Kemampuan adhesi pada perangkat “Geckskin” merupakan terobosan paling baru yang memadukan bidang biologi dengan kaidah fisika.

Pada awalnya, peneliatan dilakukan dengan mensintesis kekuatan menempel pada kaki tokek berdasarkan kualitas rambut mikroskopik yang ada di jari kakinya yang disebut satae. Namun usaha untuk menerapkannya pada perangkat yang lebih besar tidak berhasil karena kerumitan pada kaki tokek tidak diperhitungkan. Kaki Tokek memiliki berbagai element yang berinteraksi termasuk otot, tulang dan kulit yang bekerja sama kemudian menghasilkan daya rekat yang dapat dibalik dengan mudah.

Pada perangkat “Geckskin” ini merupakan inovasi yang baru. Para peneliti membuat sebuah perangkat yang bersifat perekat sehingga terintegrasi pada permukaan lembut berupa kain yang disusun mirip hasil rajutan yang kompleks sehingga dapat menempel pada permukaan yang halus. Kinerjanya adalah bahwa objek menempel pada tapak “Geckskin” dan perangkat tersebut memaksimalkan kontak adhesi atau sifat perekat pada dinding atau permukaan lain yang halus sekalipun. Intinya adalah perangkat “Geckskin” mirip pada tokek alamai, bahwa “Geckskin” menempel pada telapak yang menjaga kekuatan dan fleksibelitas untuk dapat diputar dan diangkat degan mudah.


Comments