Skip to main content

TIPS MEMBUKA USAHA SAMPINGAN UNTUK PELAJAR

Banyak jenis usaha yang bisa dibuka memiliki prospek bagus dalam membuka usaha baru dan pengembangan usaha pada usaha kecil menengah yang bisa di lakukan oleh pelajar. Tentunya jenis usaha yang bisa dilakukan tidak kalah dengan kualitas usaha profesional yang biasanya membutuhkan modal tinggi. Para pelajar dan mahasiswa merupakan potensi besar yang mengandung banyak bakat dan minat sehingga dapat di salurkan dalam berbagai jenis usaha yang bisa mereka lakukan. 
Kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan, menjadi salah satu peluang penting bagi para pelajar yang berpotensi untuk ikut berkarya membangun ekonomi bangsa. Banyak hal yang bisa dilakukan para pelajar tersebut, termasuk mahasiswa yang pada dasarnya memiliki banyak waktu luang untuk menyalurkan bakatnya pada hal – hal positif seperti berwirausaha. Usaha yang di bangun tidak perlu jenis usaha yang membutuhkan modal besar, metode produksi yang sulit atau sistem pemasaran yang rumit. Semuanya bisa dilakukan dengan sederhana selama pelajar tersebut memiliki kemauan dalam berwirausaha.

Kunci kesuksesan dalam berwirausaha, tidak jauh berbeda dengan kaidah wirausaha yang sudah banyak di tulis sebelumnya yaitu kesabaran, ketekunan dan kreatifiatas. Jika tiga hal tersebut sudah mampu di pahami maka hal terakhir adalah bagaimana cara membuahkan ide sehingga dapat terlaksana sebaik mungkin. Sesuai dengan judul diatas, usaha untuk pelajar tentunya punya daya efisiensi dan efektifitas yang khusus apabila dibandingkan dengan pengusaha profesional. Khusus bagi pelajar, jenis usaha yang di bangun diharapkan bersifat fleksibel dan tidak terlalu mengikat pada luang waktu yang ada. Misalnya saja jual beli barang secara online, bidang jasa di akhir pekan, hasil kerajinan tangan atau dalam bentuk produk-produk yang di produksi saat order.

Usaha sekecil apapun bisa dilakukan pelajar selama waktu belajar dan sekolah yang ada tidak terganggu oleh aktifitas tersebut.  Sebagian besar prospek usaha memang membutuhkan waktu luang yang banyak untuk dapat terlaksana dengan maksimal, namun bagi pelajar hal tersebut merupakan salah satu permasalahan yang harus dapat di manage dengan baik.

Ide Jenis Usaha
Disarankan untuk desain jenis usaha yang bisa di buat merupakan jenis usaha yang memiliki sifat fleksibel, artinya bahwa usaha atau bisnis yang dibangun tidak mengikat dalam hal waktu kerja ataupun target produksi. Banyak cara dalam menentukan jenis usaha tersebut, selain menggunakan ide sendiri para pelajar juga bisa mencari berbagai ide peluang usaha yang baik melalui berbagai macam media. Selain menggunakan media yang ada, observasi ke berbagai tempat secara langsung di nilai lebih efektif agar calon pelaku usaha dapat melihat gambaran nyata kondisi usaha yang hendak di bangun. Kelebihan lainnya adalah agar calon pelaku usaha tersebut juga dapat berkomunikasi dan menjalin hubungan interaktif dengan pelaku usaha yang sudah ada. Banyak sekali calon-calon pelaku usaha yang kemudian menjadi pengusaha sukses setelah menjalin banyak kerja sama secara langsung maupun tidak langsung dengan pengusaha lainnya.

Bagi pelajar bisa melakukan observasi secara langsung di akhir pekan atau pada waktu libur-libur istimewa. Dalam hal ini efisiensi waktu sangatlah dibutuhkan, jangan luba buatlah janji terlebih dahulu sbeelum mengunjungi tempat usaha yang menjadi target observasi tersebut.

Rekan Kerja dan Kerjasama
Tidak menutup kemungkinan bagi anda yang masih pelajar mengajak rekan sekolahnya dalam melakukan bisnis. Buatlah ikatan kerjasama secara formal untuk memberikan batasan hubungan kerjasama dalam bisnis usaha yang hendak anda dirikan. Sebelum anda memilih rekan kerja tersebut ada baiknya anda menilai rekan kerja anda dari berbagai aspek. Hubungan pertemanan saja tidak akan cukup menjamin kesuksesan dalam membentuk satu usaha. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk menyatukan visi dan misi dalam membentuk satu usaha, antisipasi berbagai kemungkinan jika suatu saat usaha anda sudah berlangsung dengan baik.

Merencanakan desain usaha juga bisa dilakukan melalui diskusi atau rapat tidak resmi antar rekan kerja anda. Semakin banyak pendapat, maka semakin baik desain yang akan di bangun. Lakukanlah perencanaan tersebut sebaik mungkin, perlahan tetapi pasti diskusikan berbagai permasalahan, tantangan dan hambatan yang memungkinkan dalam membuat satu usaha.


Rencana Kerja
Sebelum usaha anda dijalankan, ada baiknya untuk membuat sebuah rencana usaha tersebut dalam bentuk desain usaha. Hal ini sangat baik sekali bagi pelajar yang baru menggeluti dunia usaha sebagi pembelajaran yang nanti akan dikembangkan pada sekala usaha yang lebih besar lagi. Dengan membuat rencana kerja usaha, akan mempermudah anda dalam mensiasati kelemahan dan hambatan yang akan dihadapi. Karena pada saat menyusun rencana kerja tersebut otomatis anda akan mensimulasiakan usaha yang hendak anda buat tersebut ke dalam bentuk tulisan.

Aspek-aspek yang dibahas dalam rencana kerja biasanya terdiri dari agenda kerja, sarana dan prasarana, estimasi biaya, analisa untung rugi, manajeman resiko dan inventarisasi potensi dan tantangan. Hal diatas hanya sebagian kecil dari format penyusunan rencana kerja, selebihnya bisa dikembangkan secara dinamis sesuai dengan kondisi yang anda alami.

Modal dan Inventaris
Modal merupakan satu hal yang sangat penting dalam mendirikan usaha, sebagian besar usaha di gerakan oleh permodalan tersebut. Namun jenis usaha tertentu terkadang tidak membutuhkan modal besar untuk dijadikan penggerak dalam usaha yang dijalankan. Ada banyak sekali pihak-pihak yang bisa di jadikan sumber modal bagi keberlangsungan usaha. Salah satu pihak tersebut adalah orang tua. Dengan adanya bantuan dari orang tua dan dukungan secara tidak langsung juga menjadi modal awal yang sangat berharga. Orang tua juga bisa menjadi pembimbing dalam menjalankan usaha tersebut.

Sumber modal juga bisa didapat dari sekolah, koperasi, atau modal yang di dapat dari hasil patungan. Berbagai macam program pemerintah terkait pemberdayaan pelajar dalam dunia usaha kini sedang di galakan. Besar kecilnya modal yang di dapat diharapkan dapat optimal pada saat memanfaatkannya sehingga pelajar mampu mengembangkan usahanya secara mandiri. Jika anda hendak memanfaatkan modal seadanya, bisa dilakukan dengan cara mendayagunakan inventaris sekolah dan perabot rumah yang masih bisa digunakan. Berbagai macam barang yang ada bisa kita dapat tanpa harus membelinya, yang terpenting kita dapat memanfaatkannya dengan bekal kreatifitas.

Mengenal Etika Usaha
Pemahaman akan etika usaha juga sangat penting bagi keberlangsungan usaha yang di jalankan pelajar. Pengetahuan ini tidak semata-mata bisa kita dapatkan dari buku, karena hal tersebut merupakan proses pengalaman yang bisa memberikan berbagai pengetahuan mengenai etika kerja seorang wirausaha tersebut. Oleh sebab itu, observasi, riset dan bertukar pikiran sesama pengusaha merupakan kunci sukses dalam menjalankan usaha bagi pelajar.

Comments