Skip to main content

SEDANG TERJADI KIAMAT 2012 DI INTERNET

Ramalan kiamat suku “Maya” tahun 2012 ternyata memang terjadi di Internet. Kekacauan yang terjadi sebenarnya adalah sebuah system yang diputuskan berupa rancangan undang-undang anti pembajakan online. Kenapa Kiamat? Tentu saja pengguna Internet Global (Seluruh Dunia) beresiko akan sensor konten. Padahal internet adalah pengetahuan global yang bersifat merdeka alias bebas dan terbuka.


Rancangan undang-undang yang sedang dibahas Kongres Amerika Serikat (AS) itu adalah Akta Penghentian Pembajakan Online (Sopa) dan Akta Perlindungan Kekayaan Intelektual (Pipa). Sopa masih menjadi perdebatan sengit di DPR (House of Representative) dan Pipa sedang dibahas Senat. Sopa dan Pipa memberi wewenang pada Kementerian Kehakiman AS dan pemilik konten untuk menuntut laman manapun yang dituduh melakukan atau memfasilitasi pembajakan. Sopa juga menyerukan sejumlah mesin pencari untuk memblokir laman-laman bermasalah dari hasil pencarian mereka. Pipa dan Sopa fokus untuk melawan pembajakan online, khususnya pembajakan film, musik, dan media lain. (Sumber: seputar-indonesia.com)


Serentak, beberapa raksasa Internet menentang hal itu karena beberapa alasan. Wikipedia, Facebook, Google dan masih banyak lagi lainnya menentang akan peraturan itu. Sementara itu juga beberapa komunitas dan kalangan memang benar-benar menentang peraturan ini.



Jika peraturan itu di sahkan maka sangat beresiko akan pembatasan konten yang di dapat pengguna internet. Informasi yang di dapat tentunya sudah tidak merdeka alias bebas. Sejumlah konten akan di blokir dan dilarang, memotong sekaligus mensesnsor kebebasan informasi yang di dapat. Malahan di sana akan membuka peluang untuk merekayasa dominasi informasi yang sampai pada pengguna.

Selain hal diatas, ribuan malahan jutaan usaha kecil menengah yang bergerak di Internet akan mati, Konten download gratis seketika akan mati, dan pengguna layanan iklan akan kehilangan gairah melaksanakan roda ekonominya. Tidak hanya itu, generasi mendatang akan kekurangan pengetahuan dengan pembatasan tersebut. Karena kita ketahui bahwa yang terasa saat ini adalah keterbukaan informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi yang tersebar bebas dan mudah untuk di akses.

Kekacauan terjadi sebenarnya saat SOPA dan PIPA akhirnya menjadi senjata public yang memberikan dominasi informasi palsu dan sudah tidak asli lagi. Selainitu Juga menjadi Penyalahgunaan yang lebih parah dari pornografi dan kejahatan Cyber.

Ini adalah kiamat sesungguhnya saat orang-orang tidak mampu berbicara dan mendengar.



Comments