Skip to main content

KEINDAHAN “SON DOONG CAVE” GOA TERBESAR DI DUNIA


“Son Doong Cave” Mungkin diantara anda banyak yang sudah mengetahui goa terbesar ini dari berbagai informasi dari berbagai situs. Serempak, goa yang dianggap oleh sejumlah masyarakat sekitar “Son Doong Cave” memiliki banyak unsur mistis karena suara-suara aneh yang sering keluar dari dalam goa tersebut. Sehingga pada akhirnya mengundang banyak ilmuan untuk meneliti goa tersebut.


Berawal dari isu yang berkembang di tengah masyarakat mengenai suara misterius penuh hawa mistis keluar dari “Son Doong Cave”. Membuat sejumlah peneliti tertarik untuk meneliti dan menjelajah lokasi ini. “Son Doong Cave”.  Terletak di Phong Nha-Ke Bang National Park, Kabupaten Bo Trach, Provinsi Quang Binh, Vietnam. Goa ini dianggap sebagai goa terbesar di dunia dan mengalahkan goa Deer yang ada di Malaysia yang sebelumnya memegang rekor goa terbesar di dunia.


Pada awalnya ilmuan Inggris tertarik karena isu mistis yang ada pada “Son Doong Cave”. Tersebut. Dari hasil observasi dan ekspedisi akhirnya “Son Doong Cave” merupakan temuan baru yang sangat luar biasa. Untuk masalah ukuran “Son Doong Cave”. Ternyata mengalahkan Goa tersesar di Vietnam itu sendiri yang sebelumnya dipegang oleh goa “Phong Nha”, namun berdasarkan observasi dan penelitian lebih lanjut ternyata goa “Son Doong Cave”. Memiliki ukuran yang super besar hingga mengalahkan rekor ukuran goa terbesar di dunia yang pada saat itu di pegang oleh Malaysia.


Berbeda dengan goa terbesar di dunia “Deer” yang di pegang oleh Malaysia memiliki ukuran panjang hanya 2km, tinggi 100 meter, dan lebar 90 meter ternyata “Son Doong Cave” memiliki ukuran lebih besar yaitu panjang sekitar 5 km, tinggi 200 m, dan lebar 150 meter. Ukuran ini mungkin sangat luar biasa dan merupakan hal yang sangat menakjubkan mengingat ada goa dengan ukuran yang super besar dengan system yang sangat unik.


Dari hasil observasi, para peneliti asal Inggris tersebut juga berhasil mengungkap mengenai suara-suara aneh yang keluar dari goa “Son Doong Cave” ini. Berdasarkan peneliti bahwa suara tersebut muncul karena ukuran ruangan gua yang sangat besar sehingga menggaungkan suara sekecil apapun, angin yang ada di dalamnya dan sebuah aliran sungai bawah tanah yang kemudian menghasilkan suara-suara tersebut menjadi sangat aneh dan dianggap sebagai isu mistis. Hal yang demikian sangat mungkin, mengingat aliran sungai yang sangat deras. Air yang mengalir membentur pada dinding goa yang kemudian mengakibatkan suara menggaung. Keberadaan sungai bawah tanah itu juga yang memungkinkan angin yang keluar dari goa menjadi sangat dingin. Sehingga banyak anggapan bahwa hal tersebut adalah hawa mistis yang mengakibatkan sebagian masyarakat merasa takut.


Sekilas suasana di dalam “Son Doong Cave”. Seperti berada di ruangan yang sangat luas. Dinding atasnya seperti atap dengan tinggi menjulang sehingga angin berhembus bebas dengan sangat deras. Walaupun lokasi “Son Doong Cave” berada di dalam hutan tropis namun sedikit yang mempercayai “Son Doong Cave” memiliki suasana sedemikian menakjubkan. Sedikit cahaya  membuatnya seperti lampu sorot yang ada di panggung terbesar. Dinding-dindingnya yang memiliki bentuk-bentuk unik seperti lukisan-lukisan tua yang ada di tengah museum.


Keindahan inilah yang menjadikannya “Son Doong Cave”. sebagai harta yang terpendam oleh sebagain pihak. Setelah sekian lama observasi yang dilakukan oleh para peneliti, mereka juga menemukan 20 goa lagi yang ada di lokasi tersebut. Sehingga goa yang berhasil ditemukan semuanya berjumlah 150 goa di Phong Nha Ke Bang National Park. Sangat luar biasa bukan? Bagaimana pendapat anda? Silahkan komentar disini.


Comments