Skip to main content

KEMUNGKINAN KEHIDUPAN LAIN DI ALAM SEMESATA (FILM CONTACT 1997)

Keberadaan kehidupan selain ras manusia di bumi masih menyimpan misteri dan hanya menjadi impian dalam berbagai fiksi ilmiah. Pada kenyataannya peradaban manusia saat ini merupakan buah pikir dari imajinasi dan khayalan yang kemudian menjadi kenyataan. Tidak ada bedanya dengan karya-karya terdahulu yang menghayalan adanya kehidupan selain ras manusia atau kehidupan di alam semesta ini. Kemajuan teknologi yang semakin modern pada efektifitas tujuan yang diinginkan sehingga kemungkinan esplorasi ke seluruh tata surya menjadi lebih besar dan akurat.

Dalam film Contact yang dirilis pada tahun 1997 menjadi cerminan realita pada kehidupan manusia modern sekarang ini. Pencarian hingga kepelosok ruang angkasa yang super besar menjadi obsesi banyak ilmuan walau pada teorinya membutuhkan waktu yang sangat lama. Dalam film Contact tersebut dikisahkan mengenai obsesi seorang astronom wanita bernama Dr. Ellie Arroway yang sepanajang hidupnya di abdikan untuk mengamati transmisi gelombang jarak jauh dari luar angkasa. Berbagai planet yang jaraknya sangat jauh menjadi objek pengamatan wanita ini.


Pada satu kesempatan, sebuah tempat yang berjark 26 tahun cahaya dari bumi bernama vega terdetekasi mengirimkan sebuah gelombang yang misterius. Pada mulanya gelombang tersebut di interpertasikan hanya dalam bentuk suara, kemudian menghasilkan sebuah code bilangan prima. Dengan berbagai cara akhirnya para ilmuan berhasil menguraikan dalam bentuk video yang ditampilkan dalam bentuk tayangan dari Televisi. Alangkah terkejutnya saat mereka menyadari bahwa gelombang tersebut adalah transmisi pertama yang di kirim manusia pada masa kekuasaan Nazi di Eropa ke luar angkasa dan kemudian dikirimkan kembali ke bumi. Kejadian itu kemudian di asumsikan oleh ilmuan sebagai sebuah kemajuan teknologi Nazi pada masa perang dunia ke 2.

Gelombang yang diterima ilmuan Dr. Ellie Arroway menjadi satu-satunya harapan yang sangat berharga untuk dapat membuktikan bahwa adanya kehidupan lain di alam semesata ini. Namun usahanya terhambat dari berbagai protes dari pihak agamawan yang menyatakan bahwa projectnya tersebut adalah bagian dari Ateisme atau pembuktian akan kesaahan agama yang meyakini keberadaan Tuhan yang menghendai kehidupan yang ada di alam semesata ini.


Fiml Contact (1997) ini termasuk dalam category fiksi ilmiah yang mana lebih menitik beratkan pada kisah pemecahan misteri dan prosesnya yang kompleks sehingga dapat dirangkum dalam cerita yang menarik dan sangat merangsang daya imajinasi ilmiah para penontonnya. Film ini dibintangi oleh aktor terkenal Jodie Foster dan Matthew McConaughey. Walaupun sudah cukup lama fiml ini di rilis, namun menjadi salah satu film yang patut anda saksikan karena sempat Berjaya di masanya.

Bagi anda yang tergila-gila pada latar belakang fiksi ilmiah, maka film inilah yang akan memberikan anda banyak inspirasi dan mod anda untuk belajar mempelajari mengenai astronomi dan fenomena di alam semesata. Sangat baik sekali jika anda saksikan beserta keluarga, walaupun bagi anak-anak mesti tetap diberikan arahan dan bimbingan agar tidak tersesat pada pemiiran negative di luar pesan positif yang hendak disampaikan.




Comments