Skip to main content

APA YANG HARUS DILAKUKAN JIKA PACAR (PASANGAN) ANDA BERSELINGKUH?

Ilustrasi: Perselingkuhan
Perselingkuhan dalam suatu hubungan percintaan sangat sering terjadi. Ada banyak alasan dan penyebab perselingkuhan tersebut sehingga bisa menjadi maslah  yang serius di tengah perjalanan hubungan anda. Pada dasarnya hal yang harus anda ketahui adalah bagaimana cara bersikap dan bertindak apabila pacar atau pasangan anda ternyata terbukti berselingkuh. Namun alangkah baiknya sebelum anda melakukan tindakan lebih lanjut, anda harus benar-benar yakin apakah pasangan anda memang betul berselingkuh dengan adanya bukti-bukti yang nyata. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara bersikap dan bertindak dengan baik apabila pasangan kita ternyata terbukti berselingkuh dengan orang lain.  Sangat penting sekali bagaimana cara dan langkah-langkah yang tepat dalam mengambil keputusan untuk bertindak karena hal ini menyangkut dengan masa depan dan nama baik anda sendiri.
 
Sebelum membahas pada masalah inti, kita patut memahami apa itu perselingkuhan, selingkuh atau berselingkuh. Secara sederhana kita bisa mengambil definisi mengenai perselingkuhan terfokus pada topik yang hendak di bahas, yaitu adalah suatu tindakan rahasia dari seseorang dalam rangka menjalin hubungan dengan orang lain tanpa diketahui oleh pasangan sebelumnya. Perbuatan ini sering dianggap sebagai sebuah penghianatan karena pelaku selingkuh sudah mengucap komitmen bersama untuk setia dan tidak akan beralih perasaan. Hal inilah yang menjadi penyebab perselingkuhan akan sangat mengganggu hubungan anda.

Dalam artian yang sederhana seperti yang sudah di ungkapkan di atas, maka kita dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa perselingkuhan sangat erat kaitannya dengan penghianatan seseorang atas janji dan komitmen bersama. Dengan artian tersebut maka suatu hubungan akan terasa sulit untuk di jalani apabila salah satu pihak melakukan penghianatan, hingga hubungan tersebut tidak dapat dilanjutkan sama sekali. Namun sebelum kita mengambil tindakan lebih lanjut, kita harus mengetahui latar belakang perselingkuhan yang sudah dilakukan tersebut. Dari latar belakang tersebut kita akan mengetahui lebih mendalam mengenai alasan-alasan dan penyebab yang sesungguhnya kenapa pasangan kita melakukan penghianatan tersebut. Lebih jauh kita juga bisa memahami mengenai karakter pasangan kita, walaupun kejadian ini akan terasa sangat menyakitkan.



Perselingkuhan dapat di latar belakangi karena banyak hal, dari mulai karena kenyamanan dalam satu hubungan hingga latar negatif dari tujuan hubungan semula yang tidak di pupuk secara serius. Kita sering mendengar kasus-kasus perselingkuhan, katakan saja sejumlah artis yang sering muncul di infotaintment. Sejumlah kasus menyatakan bahwa kasus perselingkuhan pada satu pasangan bisa di sebabkan karena kenyamanan hubungan kedua belah pihak yang tidak harmonis. Interaksi yang kurang di dukung oleh komunikasi aktif dari kedua belah pihak juga bisa menjadi alasan kenapa seseorang merasa tidak nyaman pada hubungan yang sedang di jalani. Terlebih apabila jika satu hubungan berlangsung dengan frekuensi komunikasi yang sangat kurang, misalkan saja karena faktor kesibukan yang menyebabkan kedua pasangan tidak dapat berkomunikasi untuk mengungkapkan harapan dan keinginan demi kenyamanan hubungannya.

Penyebab kurang harmonisnya hubungan bisa disebabkan juga karena kehadiran orang ke tiga. Karena alasan tertentu yang menyangkut maslah pribadi pasangan anda terkadang kehadiran orang ke tiga bisa mengganggu hubungan kedua belah pihak. Jika terjadi hal demikian maka cobalah anda berkomunikasi dengan rekan pasangan anda atau berbicara secara langsung mengenai status hubungan pasangan anda dengan kehadiran orang ke tiga tersebut. Perselingkuhan disini menyangkut banyak hal dalam kehidupan anda, karena dengan adanya peranan orang lain yang menyebabkan perselingkuhan terjadi bisa saja karena akibat berbagai alasan.

Pada saat anda mendapati pasangan anda ternyata benar-benar berselingkuh dengan orang lain, anda bisa mengakhiri hubungan tersebut atau memperbaikinya, jika ternyata hal itu masih memungkinkan bagi keberlangsungan hubungan anda di masa depan. Cari tahu apa akar permasalahan dari tindakan penghianatan pasangan anda, gunakan logika dan akal sehat untuk mengambil keputusan. Jika ternyata alasan tersebut menyangkut materi atau fisik maka keberlanjutan hubungan akan terasa sangat sulit untuk di lanjutkan.

Memang tidak jarang diantaranaya juga beralasan karena masalah materi atau penampilan fisik yang di bandingkan dengan orang ketiga. Perselingkuhan semacam ini akan berakibat pada kondisi hubungan yang akan semakin memburuk. Terkait dengan kondisi perasaan anda, diamana anda akan sangat terpukul jika alasannya ternyata demikian. Namun tidak ada hal yang sempurna, anda bisa melakukan berbagai tindakan yang dirasa benar. Sebelum anda mengakhiri hubungan, maka anda wajib memperbaiki sikap dan egoisme anda sendiri. Tunjukan pada pasangan anda bahwa anda adalah orang yang memiliki sisi baik tertentu yang tidak dapat di sandingkan dengan orang lain. Berilah pengertian bahwa manusia tidak ada yang sempurna, sebaik-baiknya manusia dianataranya tetap memiliki kekurangan yang tidak boleh di sesali di kemudian hari.



Pada umumnya sebagian orang memilih proses hubungan percintaan dengan konsepnya secara sendiri-sendiri tanpa memperhatikan struktur hubungan yang baik. Sehingga sering kita temukan perselingkuhan dengan alasan perasaan yang tiba-tiba berubah. Hal ini lah yang kemudian terkait bagaiamana anda dan pasangan anda menjalani hubungan selama ini. Putar kembali kenangan indah bersama pasangan anda, mana kala pasangan anda merasa bosan atau tiba-tiba beralih hati. Karena dengan metode ini diharapkan pasangan anda mampu memperbaiki sikap dan gaya hubungan yang lebih interaktif.

Pada masa-masa krisis ini, emosi dan kondisi kejiwaan kita terkadang goyah dan tidak tahu bagaimana bersikap. Pada initinya, ketika pasangan anda berselingkuh maka tunjukan pada dirinya bahwa anda adalah pihak terbaik walau kemudian ternyata anda memilih untuk mengakhiri hubungan. Bentuklah sikap baik pada saat anda mengakhiri hubungan, buatlah diri anda merasa dihargai ditengah kegoyahan emosi anda. Tunjukan pada pasangan anda bahwa sikap anda selama ini adalah apresiasi terbaik yang pernah anda berikan. Bukan berarti anda harus mengemis cinta dari seseorang yang sudah menghianati anda, karena dengan emosi stabil sekalipun seseorang memang sangat sulit untuk mengendalikan diri.


Pada tahapan ini seseorang yang merasa di hianati oleh pasangannya akan merasa dirinya patut memperbaiki image atau harga diri secepat mungkin. Namun dengan sikap yang berlebihan dan cenderung buru-buru malahan terkadang seseorang salah mengambil keputusan dan kemudian menambah buruk situasi saat itu. Berfikirlah sejenak untuk menenangkan diri dan mencari udara baru dengan lingkungan sosial yang baik. Jika pasangan anda merasa menyesal atas prilakunya tersebut maka yang perlu anda lakukan adalah memperbaiki gaya hubungan. Bagaiaman anda bersikap, bagaimana anda memberikan apresiasi pada hubungan dan bagaimana anda berperan sebagai diri anda sendiri jika ternyata pasangan anda kemudian hari menjadi pribadi yang lebih baik. Ingat bahwa sebuah hubungan dijalani agar kehidupan anda menjadi lebih baik dari sebelumnya, berkembang dan membangun semua aspek dalam kehidupan diri anda. Jika pilihan untuk memaafkan merupakan pilihan terbaik maka anda bisa melakukannya dengan berbagai macam syarat yang membangun.

Suatu hubungan terjalin karena perasaan kedua belah pihak, pada intinya jangan pernah memaksakan kehendak demi perasaan pribadi. Memahami perasaan orang lain merupakan hal paling penting karena dengan memahami hal tersebut secara tidak langsung anda sudah dapat menghargai perasaan anda sendiri. Perjuangkan semua yang menjadi hak anda dan lakukan apa yang menjadi kewajiban anda. Dengan mengakhiri hubungan atau kemudian memaafkan hubungan, keduanya adalah keputusan terbaik selama anda bisa menunjukan sikap baik dan proses kehidupan di kemudian hari.

Tulisan ini adalah persembahan bagi mereka yang ingin membangun hubungan percintaannya secara serius.

Comments