Skip to main content

NONTON VIDIO YOUTUBE DARI CACHE (DOWNLOAD GRATIS APLIKASI “VidioCacheView.exe”)


Selain menggunakan aplikasi downloader youtube, menyaksikan vidio youtube secara offline juga bisa dilakukan tanpa download terlebih dahulu. Cara ini dikenal dengan mengambil data cache yang tersimpan pada user file di drive “C”. Selain proses yang lebih cepat, kegagalan dalam pembentukan file yang diharapkan semakin dapat ditekan. Banyak sekali kelebihan dengan menggunakan metode yang satu ini diantaranya adalah memungkinkan anda menyaksikan preview vidio yang di inginkan sebelum menyalinnya ke dalam Hardisk, membangun kualitas gambar yang lebih baik, meringankan kinerja komputer dan membutuhkan waktu lebih cepat di bandingkan melakukan proses download seperti biasa.

Pada dasarnya Youtube tidak menyediakan tombol khusus untuk melakukan download pada website mereka. Apapun alasannya, hal tersebut sengaja dilakukan untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi pada jaringan mereka sendiri. Youtube sengaja tidak membuat tombol khusus agar pemirsanya dapat berlama-lama membuka halaman mereka. Walaupun demikian ada banyak cara untuk bisa mendapatkan vidio dari youtube yang kemudian bisa anda simpan di Hardisk komputer pribadi anda.

Pada umumnya untuk mendapatkan vidio yang ditampilkan secara streaming membutuhkan aplikasi tambahan yang terintegrasi pada web browser yang dimiliki. Misalnya penggunaan “InternetDownloadManager”. Cara ini terbukti ampuh untuk mendapatkan vidio-vidio tersebut dengan kisaran waktu yang singkat. Namun bagaimana jika ternyata sistem komputer anda tidak mendukung versi pada aplikasi yang bersangkutan? Permasalahannya adalah bahwa terkadang aplikasi IDM ini sulit untuk dapat terintegrasi pada web browsing yang anda miliki.

Kebiasaan umum pada pengguna internet khususnya untuk para penggemar Youtube adalah menyaksikan vidio secara streaming. Hal ini tidak salah dan tidak menyalahi aturan manapun. Hanya saja hal tersebut dilakukan tanpa ada rasa keinginan untuk mengunduh file yang mereka saksikan yang kemudian menjadikan vidio kegemarannya sebagai koleksi. Dengan demikian peranan file penyimpanan sebagai catatan akses anda sangat dibutuhkan untuk dapat menyaksikan apa saja yang sudah anda saksikan sebelumnya. 

Jangan heran apabila diantaranya ada yang melakukan proses yang kurang efisien, yaitu menyaksikan vidio secara streaming kemudian melakukan download pada vidio yang bersangkutan. Hal ini tidaklah efisien menurut kami, karena apa yang sudah saksikan pada youtube dapat anda putar ulang dengan menyimpan filenya di hardisk anda dengan sangat mudah. Bagaimana hal tersebut dapat dilakukan? Berikut adalah cara mudah yang akan kami jelaskan.

Ada dua metode sederhana untuk mengambil file vidio dari website youtube tanpa melakukan proses download terlebih dahulu. Cara ini dikenal dengan pengunduhan sederhana dari file Cache. Apapun bentuknya, cara ini sangat efisien dan mudah karena membutuhkan waktu yang relatif singkat. Cara pertama yang biasa digunakan adalah dengan membuka folder dimana file-file tersebut secara otomatis tersimpan pada saat anda membuka vidio youtube secara streming.

Cara pertama ini tidak membutuhkan softwere apapun, hanya saja sebelum anda mencari file-file yang dimaksud, anda harus melakukan setting terlebih dahulu pada folder option pada Explore anda. Caranya adalah :

  1. Buka “Explore”
  2. Klik “Tools” pada bagian atas
  3. Pilih “Folder Options” kemudian dengan sendirinya akan terbuka tab baru bernama “Folder Option”
  4. Pilih pada tab “View”
  5. Beri ceklist pada “Show Hiden File and Folder” dan unceklist pada “Hide Extension for know file type”
  6. Klik Applay dan Ok

Dari langkah diatas maka file dimana cache tersimpan tidak akan tersembunyi karena setting deafult yang biasa. Oleh sebab itu pada saat anda membuka Partisi dimana sistem anda disimpan tidak akan Hide (Tersembunyi).

Langkah terakhir adalah dengan mencari folder ‘Cache’ dengan cara membuka explore anda. Biasanya folder ini berada di C:\Documents and Settings\nama user anda\Local Settings\Application Data\Mozilla\Firefox\Profiles\wttpz6ku.default\Cache. Walaupun biasanya tempat pemnyimpanan cache ini berbeda-beda namun pada dasarnya sama saja. Anda bisa mencari file vidio secara manual dengan cara mencari file dengan kapasitas besar, biasanya untuk file vidio besarnya lebih dari 1 mb. Sebelum anda melakukan cek pada file tersebut, lebih baik anda mengcopinya pada folder lain di tempat penyimpanan pribadi anda dan merename terlebih dahulu dengan akhiran foermat yang anda inginkan. Misalnya adalah : .flv, .3gp, .wmv dsb.

Cara yang ke dua adalah cara yang lebih praktis dari cara pertama walapun pada prinsipnya sama saja. Cara ini menggunakan bantuan softwere sederhana dengan kapasitas yang sangat ringan. Nama softwere yang dimaksud adalah “VidioCacheView.exe” Aplikasi ini mampu memilih dan menghimpun file rekaman penggunaan web browser apapun. Dari mulai history hingga cache yang dimanfaatkan untuk penyimpanan sementara pada saat anda membuka youtube tersebut. Sehingga dengan menggunakan softwere ini anda tidak perlu melakukan pencarian pada explore.

Kelebihan menggunakan softwere ini pada dasarnya hanya mempermudah cara-cara manual diatas sehingga dapat dilakukan dengan lebih sederhana. Selain itu dengan tools tambahan, aplikasi ini mampu membedakan mana file image, vidio ataupun teks. Kemungkinan kegagalan dalam pembentukan file sangat kecil, oleh sebab itu anda bisa menghela nafas lega.

Adapun cara penggunaan dari softwere ini sangatlah mudah, anda hanya perlu membuka file tersebut yang sudah di extract dalam bentuk rar. Kemudian anda dapat menyimpan tampilan iconnya dengan shortcut pada tampilan dekstop anda. File aplikasi ini tidak memerlukan proses instal dan cenderung tidak mengganggu proses aplikasi lain pada sistem. Untuk mendapatkan file-file yang hendak anda inginkan, maka anda bisa langsung memilihnya pada list yang di tampilkan pada aplikasi tersebut, setelah itu anda tinggal mengCopy file tersebut atau memutarnya secara langsung dengan aplikasi multimedia yang anda miliki.

Terserah cara mana yang anda kehendaki, yang pasti kedua cara tersebut sangatlah mudah. Tergantung bagaimana selera anda dalam menjalankan kedua metode tersebut. Semoga bermanfaat.

Comments