Skip to main content

INVESTIGASI MEMBINGUNGKAN DI “SHUTTER ISLAND“

Shutter Island Cover
Aktor Leonardo DiCaprio merupakan aktor profesional yang sudah banyak membintangi sejumlah film yang akhirnya sukses besar. Tidak hanya dalam film bernuansa romantis saja, namun juga diantaranya adalah merupakan film-film cerdas sekaligus membingungkan sehingga mengundang decak kagum bagi siapa saja yang menyaksikan film tersebut. Salah satu film yang bernuansa misteri dan cukup membingungkan adalah film berjudul “Shutter Island“.

Film “Shutter Island“ diangkat dari kisah dalam novel karangan Dennis Lehane. Secara garis besar Film ini mengisahkan perjalanan seorang polisi Marshal Teddy Daniels yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio dimana dirinya ditugaskan untuk menyelidiki sebuah kasus hilangnya seorang pasien di sebuah Rumah Sakit Jiwa pelaku kriminal. Dalam proses penyelidikan tersebut dirinya ditemani oleh seorang partner kerja bernama Chuck Aule yang diperankan oleh Mark Ruffalo. 


Pada satu kesempatan  Daniels menemukan sejumlah titik terang mengenai keberadaan orang hilang tersebut. Di tengah penyelidikan, Daniels dibingungkan oleh temuan yang mengarah pada intrik serta konspirasi pihak pengelola rumah sakit tersebut. Penyelidikan semakin sulit karena secara tiba-tiba badai datang menghalangi poses penyelidikan ditambah kondisi kesehatan Daniels yang semakin hari memburuk karena alasan yang tidak ia ketahui. Sebagai seorang Marshal daniels sangat terbiasa dengan bukti-bukti serta teka-teki dalam pekerjaannya, oleh sebab itu ia merasa ada hal yang tidak wajar dalam tugasnya menyelidiki kasus yang satu ini.

Dalam film ini, sebagian besar adegan merupakan modifikasi yang menarik dari kisah sebenarnya dalam novel karya Dennis Lehane tersebut. Sutradara Martin Scorsese mampu mengolah imajinasi dalam bentuk deskriptif yang sederhana kedalam setting film yang sempurna. Dengan estimasi biaya sekitar $80.000.000 merupakan harga yang sebanding dengan kualitas film yang ditampilkan.


Walaupun sebagaian besar film ini merupakan latar belakang yang gelap, namun para penata cahaya tidak kehilangan akal dan memanfaatkan terobosan teknologi tata cahaya yang sangat baik untuk membuat film ini tetap enak untuk disaksikan. Adegan-adegan di tengah hiruk-pikuknya badai dalam cerita juga mampu memberikan nuansa yang sangat hidup seiring dengan sebagaimana kemampuan DiCaprio mendalami karakter Daniels. Tidak hanya DiCaprio saja yang cemerlang dalam memerankan film ini, diantaranya juga muncul nama-nama aktor terkenal lain yang ikut memperkaya dalam alur cerita yang menggemaskan. Ben Kingsley, Michelle Williams dan Patricia Clarkson muncul sebagai aktor tambahan yang akan membuat anda terkesan.


 Film Shutter Island memiliki kualitas cerita yang cukup baik, bagi anda yang menggemari film dengan latar misteri cerdas maka film ini merupakan rekomendasi bagi anda. Film ini dapat disaksikan oleh berbagai kalangan yang menggemari cerita misteri yang cerdas dan sedikit membingungkan untuk pemirsanya. Oleh sebab itu bagi anda yang kurang mampu menyerap cerita dalam film ini sebaiknya didampingi oleh seseorang yang sudah pernah dan memahami betul kisah dalam film atau novelnya. Jika memungkinkan, anda dapat mengulang beberapa kali film ini agar anda bisa memahaminya.

(Sudah Termasuk Subtitle Indonesia)

Comments