Skip to main content

Cara Mengatasi Iklan Di Internet Yang Mengganggu

Mungkin diantara kalian banyak yang merasa terganggu kenyamanannya pada saat berselancar di internet akibat iklan-iklan yang sering muncul. Walaupun pada dasarknya iklan-iklan tersebut mungkin adalah satu-satunya jalan agar dunia internet semakin berkembang. Berikut ini beberapa tips yang penting untuk kamu ketahui jika sudah benar-benar ngerasa ribet dengan muncunya iklan tersebut. Tips buat kamu yang tidak suka dengan iklan di internet bisa dilakukan dengan mudah.
Mungkin diantara kalian banyak yang merasa terganggu kenyamanannya pada saat berselancar di internet akibat iklan-iklan yang sering muncul. Walaupun pada dasarknya iklan-iklan tersebut mungkin adalah satu-satunya jalan agar dunia internet semakin berkembang. Berikut ini beberapa tips yang penting untuk kamu ketahui jika sudah benar-benar ngerasa ribet dengan muncunya iklan tersebut. Tips buat kamu yang tidak suka dengan iklan di internet bisa dilakukan dengan mudah.


Sebelum beranjak lebih jauh, harus kita ketahui sebelumnya bahwa  iklan yang sering muncul pada saat browsing maupun pada saat memutar vidio streaming di internet adalah hal yang diperbolehkan. Iklan adalah salah satu sumber pendapatan bagi sekian banyak publiser yang menyediakan banyak konten tersebut. Bagaimana mungkin para pengguna internet aktif rela menyediakan banyak konten-konten tersebut tanpa ada hasil berupa pendapatan secara ekonomis? Sedangkan ketertarikan pengguna lain yang memanfaatkan internet masih berorientasi memperoleh data secara gratis.

Dunia internet menyediakan sarana informasi data instant yang begitu luas. Jutaan pengguna internet telah memperoleh manfaat optimal dengan semakin berkembangnya kontent yang disediakan. Salah satu pemicu perkembangan tersebut adalah mengenai media pengiklan. Namun tanpa disadari oleh para penyedia kontent tersebut bahwa aspek kenyamanan menjadi salah satu kendala dalam pengiklanan ini. Hingga saat ini, situs-situs terbesar yang menguasai internet memanfaatkan moment tersebut untuk berlomba menyediakan jasa kampanye iklan yang optimal, namun dengan kemasan yang salah akan menyebabkan penurunan pada minat pengguna terhadap sponsor iklan tersebut.

Fitur iklan yang ada pada saat ini dari mulai box bener hingga iklan pop under menjadi cara yang paling efektif untuk menyampaikan pesan kampanye mereka. Namun, keragaman iklan yang ada menjadi penyebab sebuah sponsor memiliki image buruk dimata pengguna karena mengganggu kenyamanan mereka berselancar. Nampaknya iklan yang ada tersebut tidak akan pernah hilang selama penyedia kontent memperoleh keuntungan finansial darinya. Namun berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan apabila memang sudah tidak mau terganggu dengan kontent iklan tersebut.

1.    Manfaatkan Fitur Bookmark Untuk Memilih Situs yang Bersih Dari Iklan.
Memanfaatkan fitur bookmark pada mesin browser adalah cara yang paling mudah yang bisa dilakukan. Dengan memilih situs-situs yang bersih dari iklan kemudian menyimpannya pada bookmark adalah hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir gangguan akibat iklan tersebut. Pada dasarnya kontent yang dibutuhkan tersedia begitu banyak, tinggal para pengguna pintar-pintar memilih situs bermanfaat yang paling minimal iklannya. Setelah menyimpannnya di bookmark maka di lain kesempatan pada saat anda membutuhkan kontent internet tertentu ada tidak akan tersesat pada situs lain.

Memilih situs yang baik bisa menjadi kebiasaan baru yang mampu mengoptimalkan aktivitas kamu. Selain menghemat waktu juga sasaran kebutuhan data dapat tercapai dengan mudah. Selain itu, dengan menggunakan bookmark maka anda dapat memilah bagian kelompok kategori kontent situs-situs yang biasa anda kunjungi sesuai dengan kebutuhan. Pilih situs yang bermutu, minimalis dan sedikit mengandung iklan yang mengganggu. Terutama iklan yang paling banyak mengandung unsur negatif, kamu bisa melakukan blokir pada pengaturan browser.

2.    Gunakan Add Blok Pada Aplikasi Browser
Cara termudah laiinya adalah menggunakan add blok atau aplikasi eksternal yang dapat diintegrasikan dengan mesin browser, contohnya adalah mozila firefox. Dengan menggunakan add blok pengguna tidak akan khawatir dengan iklan pop under yang mungkin mengganggu. Aplikasi akan secara otomatis melakukan penindakan blokir kontent apabila ditemukan unsur iklan yang tidak penting. Kamu bisa mengatur jenis dan halaman yang akan dibersihkan dari kontent iklan tersebut.

Kelemahan yang ditemukan dengan cara ini bahwa beberapa situs memasang blokir serupa untuk menutup kontentnnya bagi pengguna yang menggunakan add blok. Sehingga tidak semua situs atau halaman bisa diakses apabila kamu menggunakan cara ini. Walaupun demikian, setidaknya kamu sudah dapat melakukan penghapusan iklan yang tidak penting pada saat aktivitas berselancar di internet.

3.    Bersihkan Extension Aplikasi Komputer Dari Malware.
Cara ini adalah alternatif lain yang juga mudah untuk dilakukan. Beberapa penyedia layanan publikasi iklan menempatkan kontent mereka pada aplikasi yang dapat terinstal dengan sendirinya tanpa diketahui oleh pengguna. Cara ini memang sedikit mengandung kecurangan, beberapa juga telah dikategorikan sebagai malware yang mengancam keamanan internet pengguna. Apabila berbagai cara tidak dapat berhasil menghilangkan iklan dari layar komputer kamu, maka ada kemungkinan sistem operasi telah terjangkit malware yang mengandung iklan.

Cara menghilangkan aplikasi iklan dari extension mesin browser kamu adalah dengan cara memeriksa icon toolbar kemudian menghapusnya secara manual atau dengan melihat instalernya pada history yang terdaftar. Membersihkan history secara berkala juga dapat menjadi alternatif untuk mengurangi munculnya malware tersebut.

4.    Gunakan VPN Pada Jaringan Internet.
Penyedia layanan jasa internet di indonesia pada saat ini sudah mampu menyediakan jaringan pribadi yang lebih aman. Jaringan tersebut berbeda dari jaringan internet pada umumnya. Dengan konfigurasi tertentu maka jutaan data yang kamu peroleh di internet adalah data aman yang dapat di akses dengan cara yang sama seperti biasanya. Tarif penggunaan VPN yang ada masih cukup tinggi namun apabila kamu ingin memperoleh kenyamanan dan keamanan lebih maka ini adalah satu-satunya cara.

VPN singkatan dari Virtual Private Network, yang meurpakan jaringan berbasis aplikasi yang dapat mengkonfigurasikan akses data pada situasi tertentu. Jaringan yang menggunakan VPN lebih aman dibandingkan dengan jaringan internet biasa karena hanya dapat diakses dengan metode satu jalur IP yang mandiri. Virus ataupun aplikasi jahat yang mengandung kontent iklan di internet dapat tersaring secara optimal.

5.    Gunakan Proxy.
Penggunaan proksi dapat menekan resiko infeksi malware serta spam iklan yang dapat mengganggu computer kamu. Kita bias menggunakan aplikasi pihak ke 3 untuk dapat menjalankan aktifitas berselancar di internet dengan menggunakan jaringan yang dilindungi proxy. Banyak IP proxy yang bisa kamu dapatkan secara gratis.


Comments