Skip to main content

Cara Buang Air Besar yang Sehat Di Hutan (Saat Tidak Ada Air)

 
Buang air besar adalah sesuatu hal biologis yang wajar bagi mahluk hidup. Namun bagi manusia hal tersebut merupakan sesuatu hal yang sangat sensitif sehingga harus dilakukan dengan berbagai ketentuan dan aturan. Saat anda berada di hutan atau dalam kondisi tidak ada air, anda akan mengalami kesulitan dalam melakukan buang air besar ini. Jika anda terpaksa melakukannya tentunya ada hal-hal yang harus anda lakukan dan hal tersebut berbeda dengan apa yang bisa anda lakukan dalam kondisi wajar.

Aspek yang harus anda perhatikan dalam melakukan buang air besar dalam kondisi darurat adalah kebersihan. Anda tidak boleh menggunakan sembarangan objek untuk membersihkan sisa-sisa buang air besar tersebut. Ada teknik tertentu yang harus anda lakukan dan ketahui dalam melakukan buang air besar.

Kawasan hutan adalah tempat dimana yang kondisinya di dominasi oleh kelompok tumbuhan dan hewan. Sedangkan gambaran yang ada di dalamnya tidak dapat kita taksirkan, baik itu ketersediaan air, iklim maupun kebersihan. Sehingga diperlukan teknik-teknik tertentu dalam melakukan buang air besar ini. Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah ketersediaan air bersih. Hal tersebut karena berkaitan dengan cara membersihkan sisa kotoran yang ada pada tubuh anda. Jika di lokasi dimana anda berada ternyata tersedia air dalam jumlah banyak maka anda bisa bersyukur. Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan sisa kotoran tersebut. Sedangkan jika ketersediaannya hanya sedikit (Hanya cukup untuk di konsumsi) maka sebaiknya tidak menggunakan air tersebut. Begitu juga dengan kebersihan air, jika terdapat sumber air yang tidak bersih sebaiknya anda waspada juga dalam menggunakannya, karena beresiko adanya organism berbahaya yang akan menyakiti tubuh anda saat digunakan.

Adapun teknik tersebut diantaranya adalah menggunakan air hujan. Cara ini memang membutuhkan kesabraan. Anda bisa mengumpulkan air hujan sebanyak mungkin dengan cara menggali tanah sehingga membentuk cekungan yang kemudian dapat menampung air sebanyak mungkin.

Berbeda kondisinya jika ternyata tidak tersediannya air dan hujanpun tidak kunjung turun. Anda harus menggunakan objek lain untuk membersihkan sisa kotoran pada tubuh anda. Benda yang dapat digunakan adalah Kertas, tissue, plastic dan kain (Jika kebetulan anda membawanya).  Namun jika anda tidak membawa benda-benda tersebut maka ada benda lain yang dapat digunakan, tentunya sudah tersedia di alam.
Benda yang tersedia di alam yang bisa digunakan untuk membersihkan kotoran tersebut secara aman adalah dianataranya : Daun, Bunga, Kulit pohon, kulit buah dan batu. Setiap benda berbeda-beda cara menggunakannya dan kriteria memilih benda yang baik. Untuk daun sebaiknya anda memilih jenis daun yang permukaannya halus dan lebar. Jangan sekali-kali menggunakan daun yang terdapat bulu-bulu kecil di atas permukaannya karena ada beberapa jenis daun yang bisa membuat kulit anda lecet atau gatal-gatal. Hati-hati pula dengan getah yang dihasilkan dari pelepah daun tersebut saat anda memetiknya. Pemilihan daun ini berlaku pula saat anda akan menggunakan bunga atau kulit buah sebagai pilihan alternative.


Jika anda lebih memilih kulit pohon, usahakan menggunakan bagian dalam kulit yang lebih halus dan elastis. Hati-hati pula dengan getah yang dihasilkan. Gunakan kulit bagian tangan anda untuk mengetesnya. Jika terasa gatal atau pedih sebaiknya anda tidak menggunakannya. Berbeda jika anda akan menggunakan batu, pilihlah permukaan batu yang lembut. Perhatikan pula kebersihan dari batu tersebut dan pilih suhu batu yang tidak panas atau terlalu dingin.

Jika anda sudah memilih diantara beberapa benda diatas, maka tugas terakhir anda adalah mencari tempat yang aman, nyaman dan bersih. Jangan memilih tempat yang terlampau rimbun dan gelap. Hal ini demi keamanan anda dari hewan  buas. Jika ada sumber air jangan buang air besar terlalu dekat dengan sumber air tersebut, hal ini akan membuat air yang mengalir ataupun tidak menjadi tercemar. Pilihlah tempat yang bersih dan nyaman. Waspadai tempat yang anda pilih dari serangga yang akan mengganggu kenyamanan anda. Jika sudah anda bisa melakukan buang air besar dengan benar dan nyaman.
Semoga Artikel ini membantu.


Comments