Skip to main content

TIPS DAN CARA MENGHIBUR DIRI SAAT KULIAH TERASA SULIT

Kuliah memang terasa sangat sulit bagi beberapa orang. Hal tersebut karena memang saya sendiri pernah merasakannya.  Bangku perkuliahan semata hanya sebuah prasyarat sebelum menghadapi dunia kerja, jika kuliah pun terasa sangat sulit maka bagaimana dengan dunia kerja yang merupakan dunia nyata yang bukan lagi lingkungan belajar kita. Namun sebisa mungkin penulis akan mengulas hal tersebut sebagaimana yang telah dialami oleh penulis sendiri, dan benar-benar sebuah fakta yang mungkin juga dialami kebanyakan mahasiswa kita.

Hal pertama yang patut kita lihat bahwa perkuliahan adalah sebuah kegiatan belajar yang mana didalamnya berisikan berbagai macam teori dan praktis yang menjurus pada bidang profesi. Biasanya mata kuliah akan lebih mengkrucut pada bidang yang diharapkan. Sampai saat ini, perkuliahan merupakan urusan pribadi yang banyak menyisakan problematika. Di sini diartikan bahwa problematika yang berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung pada pribadi mahasiswa itu sendiri.

Kegiatan kuliah akan terasa sangat sulit jika dihadapkan pada faktor-faktor berikut, yaitu diantaranya: Biaya kuliah, kemampuan akademis, masalah pribadi dan pergaulan. Jika diantaranya ada yang bermasalah, otomatis kuliah anda akan terasa sangat sulit. Artinya,  bahwa segala hal yang anda perjuangkan dalam menjalani perkuliahan akan sangat berat dan terasa seakan sebuah halang-rintang yang sangat susah untuk dihadapi.


Pada prinsipnya bahwa hidup ini hanya satu kali, sehingga berdasarkan hemat saya bahwa jangan pernah membuat hidup ini semakin sulit dengan perasaan anda sendiri. Buatlah permasalahan tersebut menjadi sebuah angin lewat yang hanya bisa anda ingat dan menjadikan pengalaman yang menarik. Berikut beberapa tips yang bisa saya rekomendasian untuk anda:

1.Biaya Kuliah Hasil Anda Sendiri
Apakah anda salah satu golongan mahasiswa dengan ekonomi yang lemah? Tenang saja, bagi anda yang tidak banyak memiliki kemampuan secara financial, anda tetap dapat menjalani perkuliahan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang efektif dan tidak terlalu memakan banyak waktu anda adalah dengan mengikuti program beasiswa. Biasanya setiap perguruan tinggi memiliki banyak program beasiswa baik yang berasal dari kampus itu sendiri atau dari pihak lain. Saya camkan disini bahwa informasi program beasiswa bisa dapatkan dari berbagai sumber. Baik Koran, internet, majalah dinding kampus anda atau hanya dari mulut ke mulut. Mulalilah menjadi pemburu beasiswa yang handal, ajak rekan-rekan anda dan jadikan itu sebagai petualangan anda dalam survive untuk tetap dapat berkuliah. Dengan ini anda akan terhibur dan tetap bersemangat untuk beruliah, dibandingan anda harus bekerja ekstra yang biasanya banyak memakan waktu anda.

2.    Perpustakaan Itu Tempat Hiburan
Jika anda memiliki kemampuan akademis yang minim, ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu anda. Kemampuan mahasiswa di nilai dari berbagai aspek akademis, baik itu berupa ujian semester maupun tugas perkuliahan. Jika anda rajin-rajin berkunjung ke perpustaaan sebagai tempat yang nyaman mungkin permasalahan tersebut akan terselesaikan. Namun diantaranya banyak yang masih enggan berkunjung ke perpustakaan karena suasana atmosfer perpus yang kurang baik bagi mahasiswa yang suka dengan kesenangan. Namun jika anda berasumsi lain, misalnya anggap saja perpustakaan itu adalah tempat tongkrongan anda yang nyaman.

3.Sahabat, Pacar dan Dosen.
Apakan anda punya banyak sahabat? Pacar atau mungkin tentunya banyak dosen? Hehehehe… Tiga serangkai itulah yang patut anda perhatikan dan amati dengan seksama. Karena tiga hal diatas adalah yang menentukan kondisi perkuliahan anda karena pengaruhnya yang sangat nyata. Buatlah hubungan ketiganya tetap baik, karena dengan kondisi yang harmonis maka berbagai masalah yang sedang anda hadapi tidak menutup kemungkinan akan mendapat bantuan dari ketiganya. Buatlah hidup ini nyaman dengan sikap pengertian dan memahami ketiga orang tersebut dalam hidup anda. Saat anda sedang sendiri ketiga orang tersebut adalah orang-orang yang bisa anda ajak bicara mengenai berbagai masalah anda. Saat anda sedang membutuhkan hiburan pun ketiganya bisa memberikan hiburan dan menemani anda saat bermain dan belajar.

Tiga hal tersebut diatas adalah unsur-unsur  penting saat anda merasa perkuliahan anda terasa sulit. Buatlah menjadi mudah dan hibur diri anda sendiri dengan berbagai acara tanpa mengesampingkan tiga factor diatas. karena hal-hal baru yang akan anda alami saat berkuliah datang seiring kabar baik dari ketiganya.

Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat dan ditunggu sekali komentar anda.


Comments