Skip to main content

HAL YANG HARUS ANDA KETAHUI SAAT DATANG BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI

Gempa bumi dan tsunami adalah resiko bagi seluruh masyarakat Indonesia yang tinggal di kawasan dengan karakteristik pegunungan muda dan berpulau-pulau. Kejadian gempa bumi beberapa hari yang lalu menjadi sock besar setelah beberapa tahun yang lalu kita dikejutkan dengan bencana super besar gempa bumi dan tsunami. Korbannyapun sangat banyak hingga ratusan ribu korban jiwa melayang. Dan sangat disayangkan jika diantaranya disebabkan karena penanganan dan antisipasi terhadap bencana yang sangat minim.

Dalam menanggapi bencana alam, hal yang terpenting adalah bukan mengatasi atau menghentikan bencana tersebut. Namun yang perlu diperhatikan adalah cara atau tanggapan yang efektif dalam menyikapi bencana tersebut. Beberapa hal misalnya dalam pembangunan infrastruktur, nampaknya kita masih menggunakan design sembarangan yang tidak memperhatikan keselamata serta antisipasi jika suatu saat terjadi bencana yang demikian. Rata-rata design bangunan yang ada sekarang tidak tahan akan guncangan gempa, begitu juga dengan beberapa gedung yang tidak dilengkapi dengan jalur akses penyelamatan yang mudah. Sehingga terkadang korban terjebak saat terjadi bencana.

Sebelum membahas lebih mendalam kita perlu mengetahui karakteristik bencana alam gempa bumi dan tsunami. Gempa bumi secara teori merupakan bencana dalam bentuk guncangan dengan berbagai sekala pada permukaan bumi yang disebabkan oleh energy baik itu yang berasal dari dalam maupun dari luar bumi. Penyebab terjadinya gempa bumi di Indonesia pada umumnya disebabkan karena aktifitas vulkanis dan lempeng bumi yang dapat dikatakan masih muda. Terutama pada lempeng asia yang meliputi pulau Sumatra dan jawa.

Jika gempa tersebut terjadi pada kedalaman laut dengan sekala tertentu maka bencana selanjutnya yang bisa terjadi adalah yang kita sebut tsunami. Bencana ini merupakan bencana lanjutan dengan meningkatnya tinggi gelombang pasang yang beresiko menghantam daratan. Biasanya tsunami akan dimulai dengan menyurutnya permukaan laut secara tiba-tiba kemudian  akan datang gelombang pasang yang luar biasa tanpa banyak orang sadari sebelumnya.

Mengatasi Bencana Gempa Bumi
Bencana yang satu ini tidak kalah menakutkan dengan bencana tsunami, karena biasanya akan membuat sejumlah orang panic berhamburan keluar rumah. Yang perlu di waspadai pada bencana ini adalah reruntuhan bangunan yang siap menimpa anda jika anda kurang tanggap. Terutama bagi anda yang berada di gedung-degung tinggi sangat beresiko sekali. Hal yang mesti anda lakukan adalah tetap sigap dan tidak panic, cobalah anda sadari kondisi di sekitar anda. Tetap focus walaupun disekitas anda terlihat suasana panic yang mencekam.

Cobalah menyadarkan beberapa orang disekitar anda untuk tidak panic membuatnya merasa tenang. Hal ini untuk membantu kondisi suasana disekitar anda agar tetap kondusif. Jika anda berada di dalam rumah maka baiknya anda keluar dan waspadai tiang listrik, pohon dan bangunan tinggi lainnya yang berbahaya. Jika anda berada di dalam bangunan dan tidak sempat keluar menyelamatkan diri, maka langkah alternative adalah dengan berlindung di bawah tempat tidur, meja yang kokoh, atau juga di bagian bangunan yang memiliki pondasi yang kuat. Tetaplah berlindung hingga suasana aman dari reruntuhan bangunan yang akan roboh. 

Waspadai juga serpihan kaca, bagian kayu yang tajam, kramik yang pecah dan benda lain yang membahayakan diri anda. Tetaplah dalam kondisi baik dan pertahanakan diri anda dari resiko terluka. Jika suasana sudah aman sebaiknya anda segera keluar dan mencari informasi lanjutan mengenai bencana tersebut. Hal ini untuk memberikan anda informasi mengenai resiko dan potensi bencana susulan atau kemungkinan tsunami dan bencana lainnya.

Mulailah memikirkan akses jalan yang terputus, aliran listrik yang terputus dan beberapa akibat yang akan ditimbulkan. Intinya adalah anda harus bertahan dalam konsisi apapun. Perhatikan pula kondisi keluarga anda dan rekan-rekan anda. Jika kondisi tidak memungkinkan segeralah mencari informasi tentang tempat evakuasi yang paling aman dan tersediannya kebutuhan obat-obatan dan makanan yang terjamin.

Mengatasi Bencana Tsunami
Biasanya saat orang-orang masih sock dengan gempa bumi yang terjadi maka potensi bencana yang berikutnya adalah tsunami. Hal paling ekstrim yang bisa anda lakukan saat bencana ini datang adalah dengan cara pergi ke tempat yang lebih tinggi. Perhatikan datang nya air, berlindunglah ke tempat yang lebih tinggi seperti pohon, bangunan tinggi yang masih kokoh atau ada baiknnya anda segera pergi ke daerah dengan dataran yang lebih tinggi jika waktu masih memungkinkan.

Waspadai aliran listrik tegangan tinggi yang bisa saja menyetrum anda. Pada dasarnya dalam bencana ini yang perlu anda butuhkan adalah menempati daerah yang lebih tinggi. Hal yang paling banyak mengakibatkan korban adalah kepanikan dari bencana sebelumnya (Gempa bumi) yang menjadikan banyak orang panic. Akses jalan yang macet akan menyulitkan proses evakuasi dan jangan harap jika proses evakuasi datang dalam waktu dekat. Berdasarkan penuturan orang yang selamat dari bencana ini adalah diantaranya ada yang berlindung di atap rumah hingga berhari-hari hingga pada akhirnya bantuan evakuasi datang setelah air mulai surut. 

Waspadai dan pikirkan masalah menangani berbagai penyakit infeksi, kelaparan dan ketersediaan air bersih. Tidak sedikit korban juga ada dari akibat penanganan yang terlambat dari hal tersebut.

Hal diatas bukan merupakan tips yang wajib anda lakukan, namun sebuah informasi yang mungkin penting jika seandainya bencana tersebut menimpa anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Comments