Skip to main content

MEMBURU KARTEL NARKOBA MEXICO “SICARIO (2015)”


sicario 2015

Kata "Sicario" berasal dari orang-orang fanatik Jerusalem. Pembunuh yang memburu orang Roma yang menjajah tanah air mereka. Di Mexico, Sicario artinya pembunuh bayaran.
 
Begitu kiranya kalimat pembuka dalam filem Sicario yang tayang pada tahun 2015 lalu. Film garapan Denis Villeneuve dan ditulis oleh Taylor Sheridan tersebut memiliki nuansa khas kriminal, berlatar belakang perbatasan dengan negara Mexico memberikan gambaran mirip dengan suasana sebenarnya di lingkungan wilayah tersebut. 


Pada kenyataannya pemerintah Amerika sudah sekian lama direpotkan oleh kasus peredaran Narkotika oeh beberapa organisasi kartel besar yang berasal dari negara-negara tetangganya. Sebut saja Mexico dan Kolumbia, kedua negara tersebut memang tidak seramah yang dibayangkan. Walau memang wilayahnya yang berbatasan langsung dengan AS tersebut, negara-negara Amerika Latin ini dianggap memiliki peran besar dalam kasus peredaran narkoba, kasus penculikan dan pembunuhan di AS. Itulah sebabnya pihak pemerintah begitu keras pada penanganan keamanan di beberapa perbatasan kedua negara.

Kartel Narkoba merupakan organisasi besar yang beroperasi lintas negara dimana dipimpin oleh seorang bos dengan latar belakang yang tidak banyak diketahui. Organisasi mafia semacam ini biasanya terdiri dari orang-orang yang masih memiliki hubungan keluarga, berpengaruh dalam pemerintahan, kepolisisan hingga memiliki beberapa perusahaan internasional yang sah. Dalam melaksanakan operasinya mereka juga menggunakan berbagai macam cara kriminal berat, baik itu penculikan hingga pembunuhan. Tidak dipungkiri pula, aparat kepolisisan yang korup pun ikut terlibat dalam bisnis tersebut.

Film Sicario rilis pada tanggal 2 Oktober 2015. Film tersebut dibintangi Emily Blunt yang berperan sebagai Kate Macer, seorang petugas kepolisian FBI yang kemudian direkrut untuk bergabung dalam misi perburuan. Tidak lupa Emily juga didampingi Daniel Kaluuya yang berperan sebagai partner kerjanya yang bernama Reggie Wayne. Dilain sisi ada juga aktor Benicio Del Toro yang berperan sebagai agen bayaran bernama Alejandro, ada juga aktor Josh Brolin yang berperan sebagai agen CIA bernama Matt Graver dan Victor Garber sebagai komisaris FBI Dave Jennings.

Sicario mengisahkan tentang Kate Macer yang merupakan salah satu petugas buru sergap FBI dimana ia dan timnya hendak melakukan penggerebegan pada sebuah lokasi sarang penjahat penculikan. Tidak disangka sebelumnya, target misi mereka melenceng dari apa yang diperkirakan sebelumnya. Lokasi tersebut merupakan tempat penyembunyian mayat para korban pembunuhan imigran gelap yang terkait dengan kartel Narkoba. Disinilah Kate dan Reggie dihadapkan pada misteri jaringan kartel dan keterlibatan organisasi intelegent CIA beserta seorang agen bayaran dari kolumbia dalam pengungkapan kasus tersebut. Kate dianggap sebagai agen FBI berpengalaman taktis yang baik oleh sejumlah pejabat kepolisian yang menangani kasus tersebut. Ia kemudian direkrut menjadi bagian dalam tim, bersama Alejandro dan Matt Graver.

Tim yang merupakan gabungan lintas Divisi, baik FBI, DEA maupun CIA kemudian memulai misi mereka dengan menangkap salah satu tokoh penting dalam jaringan kartel. Disinilah Kate mulai mengenal lebih dalam siapa Alejandro dan Matt Graver ditengah rasa ingin tahunya pula pada rencana tim yang sebenarnya. Walaupun Kate tidak begitu senang dengan cara kerja mereka, namun disini ia bisa belajar lebih banyak mengenai pengungkapan jaringan tersebut. 

Film Sicario ini lebih banyak mengambil latar belakang pada negara bagian Amerika yang berbatasan langsung dengan Mexico. Didominasi gambaran wilayah gersang dengan hamparan padang pasir yang luas. Tidak lupa juga nuansa berkeringat di Mexico menjadi pewarna yang unik dalam film tersebut. Walaupun menayangkan image pembunuhan dan korban-korban mutilasi yang mengganggu, film ini tidak begitu menyebalkan karena pemirsa akan lebih terbawa alur pengungkapan kerumitan jaringan rahasia kartel Narkoba. Penulis Taylor Sheridan nampaknya ingin lebih banyak menunjukan orientasi kepribadian baik Kate maupun siapa itu Alejandro dan Matt Graver. Didukung pula oleh masing-masing aktor dapat memerankan karakternya dengan baik sehingga tujuan penulis Taylor Sheridan dapat lebih baik tersampaikan pada pemirsanya. Okey! tunggu apa lagi, silahkan saksikan film Sicario dijamin anda tidak akan kecewa.
                                
&


Comments