Skip to main content

PENYEBAB MAHASISWA KULIAH LEBIH LAMA

Hayoo… Siapa yang kuliahnya belum lulus-lulus? Awas kena DO loh! Berikut adalah beberapa penyebab seseorang yang lulus kuliah lebih lama. Mungkin diantara pembaca ada yang merasa memang dirinya termasuk salah satunya. (padahal yang nulis juga belum tentu dah lulus sarjana) wwkwkwkwkwk….

Jalan-jalan sana-sini terus coba-coba nongkrong di kaskus, eh ada bahasan bagus buat posting. Jangan dikira ternyata lulus lebih lama itu merupakan fenomena dan problematika loh. Banyak diantaranya gagal menjalani hidup dan masa depan gara-gara lama lulusnya. Padahal kesuksesan bukan Cuma lulus kuliah aja. Tapi gimana kita menjalani hidup ini dengan cara pandangnya.

Kuliah Karena Terpaksa
Melihat anaknya diwisuda adalah kebanggaan bagi stiap orang tua. Dari lubuk hati setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi seorang yang pintar dan sukses. Bahkan…. memaksa anaknya utk kuliahpun bisa saja mereka lakukan. Berawal dari sebuah keterpaksaan inilah maka ketika sudah menjadi mahasiswa dia enggan untuk serius dalam kuliah apalagi pengen cepat-cepet diwisuda

Salah Jurusan
Kalah dalam persaingan SPMB/UM PTN/PTS yang memiliki jurusan-jurusan favorit menyebabkan banyak mahasiswa memilih jurusan laen (yg tdk diminati) sebagai pelarian ketika tidak diterima. Tujuannya agar mreka tetap bisa kuliah meski jurusan itu bukan yang diminati.

Terlalu Menikmati Kebebasan Karena Jauh Dari Orang Tua
Anak Mami klo kita sering sebut, terkadang juga menjadi faktor kuliah lama. Rendahnya pengawasan darr orang tua (jauh dari orang tua) terkadang kebebasan itu dimanfaatkan secara berlebihan. Kerjanya maen, pacaran, begadang tiap malam, nongkrong sana-sini dan laen2ny.

Sibuk mengikuti Organisasi kemahasiswaan ataupun Ormas
Nah ini agak terhormat dikit dari pada ga lulus gara-gara keseringan begadang (ada yang kesinggung ga ya?)
Tingkat Intelegency Emotional (IE) yang lebih besar dari pada IQ mendorong mahasiswa lebih senang berorganisasi, bersosialisasi, bertukar pikiran dan melakukan kegiatan2 OK atau Ormas drpd belajar. Kesibukannya itu terkadang menghabis2kan uang, tenaga, pikiran dan juga waktu sehingga kuliah terabaikan dan bukan prioritas lagi.

Bisa mendapatkan uang sendiri (kerja)
Kerja terkadang dibutuhkan bagi mahasiswa2 terutama yang kurang mampu ataupun untuk menambah uang saku. Tetapi tidak sedikit pula dari mereka yang terlena dengan pekerjaannya itu. Alasannya simple, Ujung akhir dr kuliah adalah mendpt gelar sarjana yang bisa digunakan sebagai sarana untuk mencari kerja sehingga menghasilkan uang. Klo kuliah aj udah bisa punya uang sendiri knp hrs buru2 lulus??? Makanya mreka lebih senang kerja daripada ngurusin kuliahnya.

Tidak adanya Jaminan Kerja setelah Lulus
Tidak adanya jaminan inilah yg paling banyak membuat mereka lebih milih lama kuliah daripada lama ngangur. Prinsipnya : Rizqi itu udah ada yang ngatur, n klo udah rejeki gk bakal kemana. So.. buat apa cepat2 lulus klo ujung2nya nganggur????Yang udah sarjana aj banyak yang nganggur kok. Nah ini namanya parno ma dunia persaingan.
Alasan Tambahan
Nah alas an-alasan lain mungkin gara-gara dosen killer yang ngasih nilai jeblog, gara-gara ga punya doku buat bayar kuliah alhasil kuliah pun ngredit terus lunasinnya lama seiring kelulusannya pun lama juaga, Mungkin juga terlalu tajir kemudian betah dikampus karena masa depannya terjamin (ga peduli mau lulus apa ngga), n gara-gara gat au gimana cara nyogok dosen. Wkwkwkwkwkkw……



Comments