Skip to main content

CARA MENGOBATI RASA BOSAN

Rasa bosan merupakan perasaan dimana seseorang merasa jengah atau merasa hal yang ia lakukan tidak bermanfaat dan malahan menjadi beban bagi dirinya. Perasaan ini pastinya sering melanda setiap orang tanpa terkecuali. Baik dalam hal pekerjaan, sekolah, pergaulan maupun kegiatan yang anda lakukan sehari-ahari. Rasa bosan ini dapat di obati dengan berbagai cara yang relative sangat mudah. Hal pertama yang mesti anda ketahui adalah penyebab rasa bosan tersebut. Mungkin saja saat anda membaca artikel ini, perasaan anda dalam kondisi bosan dan yang harus anda lakuan adalah membaca artikel ini hingga selesai.

Perasaan bosan timbul jika seseorang merasa hal yang  di lakukan merupakan beban dan tidak mempunyai makna apapun. Perasaan ini akan menjadi beban saat seseorang merasakannya sebagai sesuatu yang memungkinkan mengganggu kegiatan sehari-hari.  Pada dasarnya rasa bosan berkaitan erat dengan gairah atau semangat seseorang pada waktu tertentu. Berdasarkan apa yang saya ketahui bahwa rasa bosan tentunya ada penyebabnya, namun diantaranya juga ada yang tidak mampu memahami  apa sebenarnya penyebab dari rasa bosan tersebut.

Langkah yang sangat efektif dalam mengatasi dan mengobati rasa bosan ini adalah memahami terlebih dahulu penyebab rasa bosan yang sedang dirasakan. Cara ini dilakukan dengan cara mengingat hal yang sebenarnya anda inginkan dalam menjalankan hari-hari dimana anda merasa bosan. Kemudian anda coba memahami diri anda sendiri apa yang sebenarnya tidak ada dalam keseharian anda sehingga menimbulkan rasa kosong atau beban yang sangat mengganggu pada diri anda itu. Dengan cara ini anda akan terdorong untuk melakukan improvisasi untuk mengatasi rasa bosan berdasarkan apa yang mampu anda lakukan.

Jangan sekali-kali anda mengingat pekerjaan yang menumpuk saat rasa bosan anda datang. Karena akan mengakibatkan emosi yang tidak terkendali disaat kedua beban menimpa pada diri anda. Sebaiknya anda mulai mencari hal-hal yang dirasa menghibur anda. Misalnya berjalan-jalan, makan, menonton televisi, menghubungi kekasih anda atau sekedar membaca-baca majalah atau buku kesayangan anda.

Mendengarkan music merupakan hal yang paling sering orang lakukan disaat bosan datang. Musik adalah hal yang pastinya disukai setiap orang dan akan menghibur anda untuk beberapa saat. Banyak fakta mengatakan bahwa rasa bosan akan berubah menjadi inspirasi tatkala seseorang mendengarkan music.

Mulailah berhayal mengenai hal-hal indah yang ingin sekali anda lakukan, gunakan pikiran bawah sadar anda untuk mengkombinasikan perasaan anda sekarang dengan imajinasi sehingga tersusun sebuah gambaran yang membuat anda lebih santai dan relax. Jika rasa bosan yang anda rasakan benar-benar sangat kuat sebaiknya anda segera mencari hal yang paling anda sukai dalam hidup ini. Gunakan akal dan pikiran anda untuk mendapatkannya sehingga lambat laun perasaan bosan akan hilang dengan sendirinya.

Bagi anda yang terbiasa dengan kesibukan pekerjaan yang sangat padat, saat liburan panjang datang anda akan merasa bosan pada selang waktu tertentu. Hal ini merupakan perasaan bosan yang positif, karena dapat di sembuhkan hanya dengan melakukan sedikit kesibukan yang mengingatkan anda pada masa-masa pekerjaan. Dengan melakukan hal yang sederhana seperti membaca, membuka-buka arsip pekerjaan maka dengan sendirinya anda akan mendorong diri anda pada semangat bekerja.


Comments