Skip to main content

LEMBAH CILENGKRANG, LEMBAH PALING INDAH DI JAWA BARAT

Keringat bercucuran di sekujur tubuh, tapi saya masih tetap semangat untuk menuju lembah yang sangat indah serta menawan. Lembah Cilengkrang terletak di desa Pajambon di wilayah Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Lembah yang kini telah dijadikan daerah wisata itu sangatlah dijaga keindahannya oleh pemerintah desa maupun masyarakat sekitar. Sepintas terlihat seperti "surga" dunia yang menawarkan berbagai macam pemandangan alamnya yang sangat mengangumkan.
Kawasan wisata ini memiliki luas 20 Kilometer Persegi yang dikelola oleh Kelompok Tani Hutan (KTH) Desa Pajambon. Keindahan serta pesona Lembah Cilengkrang menjadi berkah yang tidak ternilai harganya sebagai potensi yang hendak dimanfaatkan dengan arif dan bijaksana. Keindahan alam sebagai atraksi alam, keanekaragaman hayati sebagai sumber pengetahuan, Sumber Daya Hutan tropis dan Sumber Daya air yang berlimpah. Semuanya cukup untuk menghidupi masyarakat sekitarnya.


Bermula dari pos pertama (tempat parkir) saya mulai berjalan menyusuri jalan setapak. Lumayan melelahkan karena jalanan menanjak, namun itu tidak membuat saya menyerah karena cilengkrang memang tempat yang menyenangkan, berhawa sejuk, hutan alam yang menawan, suara burung-burung, serta keindahan lainnya. Kendaraan kami hanya cukup menjangkau lokasi tersebut dan untungnya tersedia lahan parkir yang selalu dijaga keamanannya oleh petugas. Berjalan kira-kira 10 menit saya menemukan pos kedua di lembah cilengkrang tersebut, di lokasi tersebut pengunjung di wajibkan membeli tiket masuk.  Harganya terjangkau sekitar 5rb saja. Anda semua tidak perlu khawatir karena sepanjang jalan ke lembah cilengkrang khususnya hari libur terdapat beberapa warung kecil yang siap utk mnyediakan kebutuhan anda, seperti air minum, kopi, snack,dll.
Sekitar 45 menit, dengan jalan yang agak berliku namun tetap menyenangkan akhirnya saya sampai ke tempat dimana saya bisa memanjakan diri. Air terjun yang indah, sumber air panas yang banyak dan benar-benar alami yang bisa memanjakan tubuh saya. Membuat saya takjub dan lebih menikmati suasana. Ada beberapa kolam air panas yang terdapat di lembah cilengkrang, dan semua itu benar-benar alami.


Tidak sampai disitu sja, berjalan lebih jauh lagi ke atas kira-kira 10 menit, saya menemukan air terjun kedua yang lebih indah serta lebih besar dari yang pertama. Atraksi alam itu dinamakan Curug Sawer yang mendeskripsikan bentuk air terjun yang mengalir terpecah-pecah seperti air hujan tersebut.
Lembah ini dijamin akan memanjakan anda dengan panorama alam yang indah luar biasa. Menyajikan anda perjalanan yang penuh dengan pengalaman menarik yang tentunya bisa dijadikan sebagai pengalaman anda menjejaki alam bebas.


Comments