Skip to main content

TIPS BISNIS KULINER DI BULAN RAMADHAN

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah bagi umat muslim. Di bulan ini berbagai aktifitas masyarakat berubah drastis dari hari-hari biasanya. Begitu juga dengan pola konsumsi masyarakat yang malahan lebih meningkat pada bulan ini. Bagi anda yang mampu membaca peluang bisnis, tentunya jenis yang tepat untuk menyesuaikan potensi pasar adalah pada bidang kuliner atau bisnis makanan.

Masyarakat akan lebih banyak mengkonsumsi makanan jadi atau makanan yang siap konsumsi dari pada makanan yang harus diolah terlebih dahulu di rumah. Begitu juga dengan budaya berbuka puasa di luar rumah yang semakin berkembang ke seluruh kota-kota besar. Bentuknya beraneka ragam, baik dalam bentuk rumah makan sederhana, lesehan hingga makanan modern yang terkesan mewah. Namun disini kita akan berbicara efisiensi bisnis kuliner yang bisa anda jalankan sebagai acuan untuk merintis usaha anda ini.

Usaha atau bisnis makanan memang memiliki alur keuangan yang berputar lebih cepat dari pada benda diam atau barang awet. Kelebihannya, pada usaha kuliner ini memiliki dinamika profit yang tidak terbatas dan dapat berjalan dengan cepat. Namun tidak lupa bahwa resiko makanan basi dan tidak laku di jual menjadi tantangan dalam usaha ini. Apalagi pada bulan puasa yang hanya mimiliki kisaran waktu yang lebih singkat dari pada hari-hari biasa.

Untuk mengantisipasi resiko tersebut diatas maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam menjalankan bisnis kuliner tersebut, yaitu diantaranya:

1.    Pilih jenis makanan yang unik dan membuat penasaran pembeli. Jenis-jenis makanan yang sederhana akan bisa lebih menarik para pembeli dengan sedikit modifikasi yang bisa mengundang selera. Jenis-jenis makanan ini bisa anda dapatkan dari berbagai resep modifikasi yang sudah ada atau yang anda ciptakan sendiri. Banyak pengalaman yang terbukti sukses  dalam menjalankan usaha dengan jenis makanan modifikasi ini.

2.    Buat lapak yang unik dan nyaman. Lapak atau tempat usaha yang unik juga terbukti menjadi salah satu daya tarik bagi pembeli. Semua hal dalam membangun design lapak usaha merupakan hasil karya kreatifitas anda. Dengan modal yang tidak terlalu besar cobalah menata sendiri bentuk dan hiasan tempat usaha anda. Begitu juga dengan kebersihan, sebelum anda resmi merintis usaha maka alangkah baiknya anda membersihkan tempat usaha makanan anda. Karena kebersihan merupakan faktor utama penentu kesuksesan dalam menjalankan usaha makanan. Selain kebersihan tentunya kenyamanan para pembeli, walau tempat usaha anda tidak terlalu bagus maka kelebihan yang hendak anda miliki adalah kenyamanan.

3.    Lebih hati-hati dalam mengatur stok dagangan yang disediakan. Stock yang berlebihan akan sangat beresiko akan terbuang hingga akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar. Sehingga jika anda merupakan pemula dalam bidang kuliner ini sebaiknya anda lakukan beberapa eksperimen dan observasi dari pengalaman rekan anda yang melakukan bisnis serupa agar jumlah stock barang yang anda miliki tidak berlebihan atau tidak kekurangan. Dalam mengatur stock ini merupakan hal yang cukup sulit, mengingat bahwa waktu atau time line saat bulan Ramadhan sangat singkat. Yaitu pada malam hari hingga pada saat menjelang makan sahur.

Dari tiga hal diatas semoga anda bisa memulai bisnis usaha kuliner anda pada bulan Ramadhan ini dengan sebaik mungkin.

Comments