Skip to main content

CARA LOLOS BLOKIR DENGAN MENGGANTI DNS INTERNET ANDA MENGGUNAKAN “DNS JUMPER”


Salah satu cara untuk melakukan internet bebas dari blokir yaitu dengan menggunakan DNS. Artinya bahwa proses internet saat anda browsing atau mendownload kita akan menggunakan sejumlah DNS server untuk menerjemahkan sejumlah domain dalam bentuk IP. Sehingga proses yang dilakukan akan mampu lolos dari pembatasan aktifitas internet yang biasa di terapkan sejumlah penyedia layanan internet tersebut. Walaupun cara ini merupakan metode lama, namun penggunaan DNS server ini dapat bermanfaat pula untuk mengoptimalkan koneksi internet anda.

DNS adalah singkatan dari Domain Name System, DNS itu adalah nama sebuah sistem database yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer, layanan atau sumber daya yang terhubung ke jaringan internet atau jaringan komputer pribadi. Fungsi DNS adalah menerjemahkan nama domain (contoh: www.google.com) menjadi IP address (74.125.93.105), kita tentu lebih mudah mengingat nama domain suatu situs dibandingkan IP address-nya bukan ? nah itulah kegunaan DNS. Jadi ketika anda mengetikkan nama domain suatu situs di browser anda lalu menekan enter, browser anda akan mengecek apakah nama domain tersebut ada di cache DNS browser anda (pernah anda buka situsnya sebelumnya), jika tidak browser anda tersebut akan menghubungi name server (server tempat DNS berada) yang digunakan oleh koneksi internet anda untuk kemudian menerjemahkan nama domain situs tersebut menjadi IP address, kalau ketemu maka anda akan dibawa ke lokasi server tempat halaman situs tersebut berada. Analoginya DNS itu seperti buku telepon, kita tahu nama orangnya tapi kita tidak tahu berapa nomor teleponnya, maka kita menggunakan buku telepon untuk mencari nomor telepon orang yang kita maksud tersebut, hanya bedanya kalau dalam DNS tidak ada nama domain (nama orang kalau di buku telepon) yang sama (Sumber : http://www.belajar.tv/2011/07/pengertian-dns-domain-name-system.html.)

Pada kesempatan kali ini untuk mempermudah pemindahan dalam menggunakan DNS dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah softwere yang bernama “DNS Jumper”. Softwere ini berfungsi untuk memindahkan server DNS internet anda pada beberapa server yang sudah tersedia. Kelebihan lainnya adalah bahwa softwere “DNS Jumper” ini mampu memilih DNS server mana yang paling cepat di akses dari komputer yang sedang anda gunakan. Sehingga kita tidak akan repot untuk memilih dan melakukan PING IP untuk menentukan server mana yang paling cepat digunakan tersebut.

Cara menggunakan softwere ini sangatlah mudah, hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuka file .exe softwere tersebut. Jika anda belum memiliki softwere tersebut maka anda dapat mendownloadnnya secara gratis pada link yang sudah kami sediakan di bagian bawah posting ini. Setelah selesai mendownload anda tinggal menginstalnya dengan proses yang tidak terlalu lama. Kemudian akan muncul box aplikasi DNS Jumper tersebut, anda tinggal meng klik bagian Fast DNS pada bagian kiri box tersebut. Tunggulah beberapa saat ketika aplikasi ini memilih DNS server mana yang paling cepat di akses dari komputer anda tersebut. Setelah selesai maka akan muncul angka-angka yang menunjukan primary dan secondary DNS yang akan anda gunakan. Lalu anda hanya pelu mengklik bagian Applay DNS Server pada box tersebut dan tunggu beberapa saat sampai tulisan “Please wait” pada box tersebut hilang.

Untuk dapat mengetahui seberapa besar kecepatan akses yang bisa anda lakukan dari server DNS tersebut maka anda hanya perlu mengklik bagian check response time dan akan muncul acces time yang berupa angka tersebut. Semakin kecil angka acces time maka kecepatan akses dari server tersebut semakin besar/cepat. Agar aplikasi ini tetap memberikan efek pada saat anda melakukan aktifitas internet maka biarkan aplikasi ini terbuka dan jangan di tutup selagi anda ingin merasakan efek dari aplikasi tersebut.

Dengan demikian adan akan terbebas dari blokiran penyedia layanan internet sehingga anda bebas mengakses situs apapun dengan menggunakan aplikasi ini. Demikian posting kali ini, jika ada yang kurang jelas bisa berkomentar pada bagian bawah artikel ini. Semoga bermanfaat.

Jika anda berminat bisa anda Download secara gratis di sini

Comments