Skip to main content

PEKERJAAN BAGI YANG BERPENDIDIKAN RENDAH (TIPS DAN CARA MENCAR KERJA).

Mencari Kerja
Mencari pekerjaan bagi yang memiliki pendidikan rendah memang sangat sulit, bahkan diantaranya mencari solusi dengan memutuskan untuk berwirausaha (Mendirikan usaha sendiri). Cara ini memang diakui sangat baik, dibandingkan harus membuang tenaga untuk mencari pekerjaan yang belum pasti dan tidak tentu diterima serta di posisikan sebagaimana yang diharapkan. Namun jalan dengan berwirausaha terkadang terhambat oleh modal dan investasi yang masih minim. Bagi anda yang mendambakan pada bidang pekerjaan tertentu namun jenjang pendidikan yang anda jalani tidak sesuai masih ada banyak kesempatan dengan beberapa cara yang akan kami bahas dalam artikel berikut ini.

Beberapa kualifikasi dan kriteria pendidikan yang diharapkan di beberapa perusahaan terkemuka nampaknya tertutup bagi siapa saja yang memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Hal ini karena kita tidak mengetahui peluang dan gambaran pekerjaan yang hendak kita hadapi. Diantara perusahaan-perusahaan tersebut tentunya mengharapkan sumber daya manusia yang berkualitas, dengan alasan tersebut akhirnya diantara pencari pekerja ini mencantumkan kualifikasi pendidikan yang terlalu tinggi untuk posisi-posisi tertentu yang pada kenyataannya dapat dikerjakan oleh siapa saja dengan tingkat pendidikan yang lebih rendah.

Tingkat pendidikan merupakan kriteria penting dalam menilai performa seseorang dalam bekerja, namun berbeda dengan pekerjaan dengan keterampilan khusus. Kita ketahui, sebagian besar pekerjaan pada perusahaan-perusahaan besar mengharapkan bidang pekerjaan yang mereka hadapi dapat sesuai dengan pendidikan yang sudah dijalani. Namun berbeda dengan bidang keterampilan khusus. Untuk bidang yang satu ini, performa pekerjaan tergantung dari keterampilan (Skill) yang dimilikinya. Dengan kata lain, tanpa melihat dari sudut aspek manapun seseorang dengan keterampilan khusus bisa bekerja tanpa harus memenuhi syarat pendidikan secara formal manapun selama ia mampu mengerjakan apa yang diharapkan perusahaan. 


Bagi anda yang tidak memiliki cukup pendidikan yang tinggi, masih ada peluang yang terbuka lebar dengan kemampuan pribadi yang anda miliki. Keterampilan khusus yang anda miliki ini dapat diberdayakan menjadi potensi bagi perusahaan, sehingga sudah barang tentu anda akan menjadi sorotan perusahaan pada bidang yang anda geluti tersebut. Keterampilan khusus ini bisa kita miliki dengan berbagai macam cara, misalnya belajar secara sendiri tanpa menjalani proses pendidikan formal, belajar dari orang lain, pengalaman atau juga hasil dari warisan keluarga atau leluhur. Banyak sumber keterampilan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja yang juga tidak terdapat dalam pendidikan secara formal.

Beberapa contoh kemampuan khusus yang bisa anda kembangkan misalnya dalam bidang otomotif (teknik mesin, modifikasi), kesehatan (pijat refleksi, pengetahuan obat-obat herbal), wisata (biro perjalanan, sopir kendaraan travel, pemandu wisata), kesenian (musik, melukis, seni rupa, kerajinan tangan) dll. Walau masih banyak lagi bidang yang bisa anda kembangkan yang perlu anda ketahui adalah bahwa bidang-bidang yang disebutkan diatas tidak memerlukan pendidikan formal lebih lanjut selama anda memiliki bakat dan kemampuan secara khusus tersebut.  

Jika anda sudah memiliki keahlian khusus ini, langkah berikutnya adalah dengan mencari wadah dari bakat dan kemampauan yang anda miliki. Bagaimana jika sebuah perusahaan hanya membutuhkan SDA dengan jenjang pendidikan tertentu? Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini, yang harus anda lakukan hanyalah mencoba menawarkan kemampuan anda tersebut. Kemudian menyatakan keinginan anda untuk bergambung pada perusahaan yang bersangkutan walaupun pada dasarnya anda tidak memenuhi syarat khusus mengenai jenjang pendidikan yang anda miliki. Karena yang perusahaan inginkan adalah seseorang yang dapat mengerjakan pekerjaannya dengan benar.

Pastikan terlebih dahulu perusahaan yang hendak anda tuju, pastikan pula bidang pekerjaan yang mereka butuhkan dengan mencari informasi sebelumnya. Jangan pernah ragu untuk mencoba untuk menawarkan kemampuan anda, misalkan saja jika anda memiliki keahlian khusus pada bidang kesehatan seperti memijat maka anda bisa mencari klinik tradisional yang membutuhkan bakat anda tersebut. Begitu juga dengan bidang-bidang yang lainnya, anda harus memahami betul seberapa besar kemampauan anda dan bagaimana alasan yang tepat sehingga perusahaan tersebut harus memperkerjakan anda.

Comments