Skip to main content

BERBAGAI HAL YANG DILAKUKAN ORANG SAAT MENUNGGU WAKTU BUKA PUASA.

Menunggu waktu berbuka puasa bisa dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan kehendak anda tentunya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar lamanya waktu berbuka menjadi terasa lebih singkat. Sehingga cara-cara ini mulai di lakukan oleh banyak orang sebagai usaha agar puasanya tetap dilaksanakan dengan lancar tanpa hambatan. Pada istilahnya banyak yang menyebutnya dengan sebutan “Ngabuburit” atau dalam arti umum adalah kegiatan menunggu waktu berbuka dengan sebuah kegiatan tertentu agar lamanya waktu menuju berbuka puasa menjadi tidak terasa.

Setiap orang, individu dan kelompok orang memiliki cara-caranya masing-masing dalam rangka menunggu waktu berbuka puasa. Kita sadari tentunya bahwa kegiatan ini ada yang bersifat positif dan ada juga yang malahan bersifat negatif dan hampir-hampir merusak amalan dalam berpuasa itu sendiri. Dengan demikian kita patut memahami bagaimana karakteristik masing-masing kegiatan menunggu waktu berbuka dengan kondisi masyarakat sekitar.

  1. Jalan-jalan sore. Kegiatan ini memang sudah tidak asing. Namun pernahkah anda membayangkan bahwa kegiatan jalan-jalan sore yang sangat jarang anda laksanakan ternyata bisa menjadi senjata andalan anda untuk menunggu waktu berbuka agar tidak terasa lamanya. Sambil jalan-jalan biasanya para kaum remaja selalu di selingi dengan melihat-lihat lawan jenis sebagai daya tarik dari kegiatan tersebut. Nah inilah yang menjadi faktor negatifnya. Terkadang saking banyaknya para pejalan kaki yang sedang bermain pada sore hari ini menjadi permasalah tersendiri bagi para pengguna lalu lintas jalan raya.
  2. Nonton Televisi. Tahukah anda bahwa hampir setiap stasiun televisi semua berperang dalam memperebutkan perhatian pemirsanya untuk dapat setia menyaksikan program tayangan yang disajikan guna kepentingan retiing? Mungkin anda terkadang dapat menyadari bahwa tayangan televisi yang tadinya biasa saja kemudian tiba-tiba berubah menjadi istimewa saat datang bulan puasa. Hakikatnya adalah bahwa hapir sebagian besar masyarakat kita adalah penikmat televisi yang luar biasa banyaknya.
  3. Bermain Game. Banyak yang berpendapat bahwa bermain game akan membuat anda terlupa dengan rasa lapar dan haus yang sedang anda alami. Bermain game adalah trik jitu bagi anak-anak yang sedang menjalankan ibadah puasa, apalagi bahwa jika mereka masih dalam tahapan belajar. Dengan bermain game seseorang akan terlupa dengan kondisi tubuhnya sendiri hingga tidak menyadari lamanya ia bermain game tersebut. Dengan demikian cara ini menjadi salah satu cara pilihan agar anda bisa tahan berpuasa full.
  4. Memasak. Memasak bagi sebagaian kaum ibu-ibu diyakini dapat menurunkan hasrat atau keinginan makan atau tertarik dengan makanan tersebut. Dengan seringnya mencium aroma masakan saat memasak, akan merangsang otak sehingga akan terasa sedang menikmati hidangan makanan yang kemudian menghilangkan hasrat keinginan yang belrebihan. Dengan demikian memasak pada siang hari dapat membantu anda mengisi waktu saat menunggu buka puasa sambil mempersiakan hidangan yang akan di sajikan.

Dari empat hal yang biasa orang-orang dilakukan untuk mengisi waktu atau mengisi kegiatan dalam rangka menunggu waktu berbuka tersebut masih terdapat kegiatan lain yang secara umum biasa dilakukan oleh setiap orang. Empat hal diatas hanya sebagaian kecil saja selebihnya saya berharap dari komentar anda para pembaca yang akan lebih melengkapinya. 


Comments