Skip to main content

CARA AGAR SELALU BUGAR DAN SEMANGAT BEKERJA SAAT BERPUASA.

Berpuasa bukan merupakan halangan atau kendala dalam bekerja hingga dalam melaksanakan rutinitas karir anda. Kondisi tubuh yang kurang baik saat berpuasa dapat anda antisipasi dengan berbagai cara jitu yang tentunya bisa membantu anda menjalani keseharian seperti hari-hari biasa.  Perbedaan nyata antara orang saat berpuasa dengan orang saat tidak berpuasa pada dasarnya adalah stamina dan daya berfikir yang masing-masing dibedakan berdasarkan lama mereka bekerja. Jika anda merupakan salah satu orang yang sedang menjalankan ibadah berpuasa sebaiknya memperhatikan beberpa hal yang berkaitan dengan metabolisme tubuh anda sendiri.

Saat anda makan sahur, dalam artian bahwa hal itu adalah makanan pagi anda yang di geser lebih cepat dari biasanya. Tidak lupa daya serap tubuh yang lebih maksimal ketimbang makan pagi biasa, maka makan sahur akan lebih membutuhkan air lebih sedikit dari pada makan siang. Hal tersebut karena suhu pada pagi hari lebih dingin ketimbang pada siang hari sehingga anda sebaiknya memanfaatkan moment tersebut sebaik mungkin agar saat mengisi tenaga yang digunakan hingga esok pagi akan lebih maksimal.

Jenis makanan sayuran akan lebih bermanfaat dari pada makanan belemak tinggi seperti daging dan sebagainya. Bekerja pada siang hari dengan kebutuhan cairan lebih banyak dari pada malamhari, mengharuskan anda untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral lebih banyak dari biasanya. Karena jenis makanan ini sangat bermanfaat untuk proses metabolisme tubuh yang sangat penting bagi tubuh anda tersebut.

Aktifitas pada siang hari bagi anda yang bekerja di kantor atau di ruangan terbuka (Lapangan), jangan melupakan bahwa tubuh anda membutuhkan istirahat yang cukup. Karena ini berkaitan dengan dinamika istirahat anda yang harus tetap seimbang selama satu bulan ini. Makanan manis pada saat berbuka jangan terlalu berlebihan karena akan terbuang sia-sia pada tubuh anda sendiri. Susunlah menu makanan yang seimbang dari protein, karbohidrat, lemak dan vitamin beserta mineral yang cukup sehingga kebutuhan akan nutrisi ini akan terpenuhi hingga siang hari.

Jalanilah aktifitas seperti biasa, saat anda merasa tubuh anda kurang bugar untuk menghadapi hari-hari anda maka sebaiknya adan komunikasikan dengan atasan anda tersebut. Jangan pernah paksakan diri anda pada aktifitas yang lebih berat, karena tubuh anda mungkin ada kalanya mengalami penurunan kondisi yang drastis. Kesehatan dan pemulihan dapat dilakukan dengan pemeriksaan dari dokter secaraa intensif apabila anda sedang mengidap suatu penyakit.

Penyakit dan kondisi tubuh yang menurun tiba-tiba setiap saat bisa saja terjadi kapanpun tanpa mengenal waktu. Untuk mengantisipasi hal ini agar tidak terjadi pada diri anda, maka ada beberpaa cara yang harus anda perhatikan baik-baik. Salah satunya adalah makanan yang bisa memperkuat daya tahan tubuh. Makanan ini biasanya merupakan golongan makanan yang memiliki kadar asam. Buah-buahan yang cukup bisa menambah daya tahan tubuh anda pada tingkatan sedang. Melawan bakteri jahat pada darah dan pencernaan juga memperbaiki sel yang rusak.

Jika anda memiliki permasalahan pada kondisi daya tahan tubuh yang sering menurun yang bersifat permanen sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter agar daya imun anda tetap terjaga. Jika perlu, untuk mengobati dan meningkatkan kondisi tubuh pada tingkatan tertentu maka anda bisa menggunakan makanan lalapan yang biasa terasa pahit seperti bauah pare dan daun pepaya. Makanan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan alergi.

Dengan cara-cara itu, maka diharapkan aktifitas biasa anda dalam bekerja dan karir anda bisa tetap berlangsung sperti biasa tanpa ada halangan walaupun sedang menjalankan ibadah puasa. Produktiftas yang baik di bulan ramadhan sangat diharapkan banyak orang, termasuk anda tentunya.

Comments