Skip to main content

INILAH YANG HARUS ANDA KETAHUI SEBELUM MENJADI WIRAUSAHAWAN


Wiarausahawan atau merupakan orang yang mendirikan lapangan kerjanya sendiri atau seseorang yang menggunakan kemampuannya meluncurkan produknya sendiri tanpa tergantung pada badan atau perusahaan lain serta mendapatkan penghasilan dari produk yang ia keluarkan tersebut. Sedangkan wirausaha ini baru dikenal dekat di Indonesia sejak mulai krisis ekonomi meledak hingga berakibat pada bertambahnya jumlah pengangguran. Alhasil, wirausaha adalah salah satu jalan pemecahan masalah untuk dapat menangani ledakan pengangguran tersebut. Wirausaha menjadi senjata ampuh untuk memerangi kemiskinan dan pengangguran yang merebak ke seluruh penjuru nusantara.
Seorang yang menjadi wirausahawan berbeda dengan pekerja lain yang cendering memperkerjakan dirinya atas komando orang lain dengan pangkat atau kedudukan yang lebih tinggi. Seorang wirausahawan adalah orang yang bekerja atas strategi, dorongan dan kemauan diri sendiri yang berlandaskan kebutuhan ekonomi yang harus ia penuhi setiap harinya. Seorang wirausahawan mungkin dapat di sandingkan dengan sebuah tumbuhan hijau, dimana ia dapat membuat makanan sendiri dengan hanya bantuan sumberdaya di sekitarnya kemudian meramunya menjadi sesuatu yang lebih berharga. Kemudian apa kaidah sebenarnya bagi seorang wirausahawan itu?
Wirausaha adalah sebuah profesi yang dapat di lakukan setiap orang tanpa kecuali, dengn demikian konsep wirausaha sangat cocok diterapkan di Negara berkembang seperti di Indonesia. Beberapa nilai tambah dari konsep ini dibandingkan dengan profesi lain adalah bahwa wirausaha lebih bebas dilakukan dengan sumberdaya yang ada. Keterbatasan pendidikan, usia, jenis kelamin dan latar belakang tidak menjadi pertimbangan dalam profesi ini. Semua orang bebas mendapatkan apa saja yang ada dalam wirausaha. Berbeda dengan seorang pegawai/karyawan  biasa, bahwa seorang wirausahawan lebih mampu mengembangkan kemampuannya tanpa ada komando atau dorongan luar yang signifikan. Semua rencana, strategi dan menejerial di atur oleh sendiri, begitu juga dengan apa yang hendak dituju ditentukan dengan keinginan dirinya.


Walaupun sudah sejak lama konsep wirausaha menjadi profesi masyarakat Indonesia, namun diantaranya masih ada yang memandang rendah profesi ini. Kecendrungan masyarakat pribumi menjadi seorang pegawi masih membudaya akibat angan-angan jaminan kerja dan kesejahteraan yang di impikan. Padahal jaminan yang di sediakan tidak seindah yang dibayangkan. Hidup enak dengan kebutuhan yang terpenuhi harus sebanding dengan kerja keras yang wajib dilakukan. Demikian adalah alasan mengapa korupsi menjadi darah dan daging hingga membudaya di kalangan masyarakat kita.

Selain itu, status sebagai seorang wirausaha sangat sulit untuk diakui, mengingat bahwa pada masyarakat kita sudah terbiasa dengan panggilan pegawai swasta atau seorang pegawai negri sipil saja. Akibatnya adalah cara pandang tidak sesuai dengan kenyataan, status bagi seseorang yang melakukan wirausaha tidak sebanding dengan seorang pegawai perusahaan atau seorang negri sipil di tengah-tengah masyarakat kini. Kemudian sebagian besar masyarakat terkonsentrasi pada sumber-sumber lapangan kerja dan tidak memperhatikan sumberdaya lain yang melimpah di sekitarnya.

Sebelum anda terbuai dengan janji manis wirausaha anda harus memahami betul apa itu wirausaha. Karena tidak jarang sebagian orang akhirnya meninggalkan wirausahanya karena hasil yang tidak sesuai dengan keinginan. Banyak sekali yang harus anda persiapkan, sebelum akhirnya anda terjun atau terjeumus pada lingkaran sulit sebuah dunia wirausaha. Waluapun pada dasarnya bahwa dibalik kesulitan itu tersimpan sebuah masa depan yang cerah bagi anda.

Tidak berbeda dengan profesi lain, sebuah wirausaha memerlukan komitmen serius dan memproklamasikan kebebasan dari semua ikatan kesulitan yang sedang anda hadapi. Jadilah seorang wirausaha yang total dan menggeluti dunia wirausaha sebagai kampung halaman anda sendiri. Sebelum itu pahami juga etika dan tata krama dalam wirausaha, karena sebagaimana pribahasa yang menyatakan bahwa Dimana bumi dipijak disanalah langit di junjung. Artinya anda harus memahami betul etika, tatakrama dan budaya sebagai seorang wirausaha sehingga anda dapat diterima dengan baik di masyarakat wirausaha.

Salah satu perbedaan dengan profesi lain, wirausaha tidak memiliki jam kerja atau kisaran waktu untuk bekerja. Bukan berarti bahwa wirausaha merupakan pekerjaan malas-malasan atau sebuah pekerjaan ringan yang tidak memerlukan waktu panjang. 1 hari atau sama dengan 24 jam adalah jam kerja seorang wirausahawan untuk melakukan setiap usahanya, wirausaha memiliki waktu panjang untuk melakukan ini. Berfikir, bekerja dan berkomunikasi dengan orang lain adalah bagian dari kegiatan rutin setiap hari yang harus dilakukan seorang wirausahawan.

Seperti sebuah pohon, menyerap unsur hara dari dalam tanah dengan menggunakan akar-akarnya kemudian dengan bantuan sinar matahari merubah unsur hara tersebut menjadi zat yang siap di gunakan untuk seluruh bagian tubuhnya. Dengan perlahan pohon itu menjadi tinggi, batangnya memanjang dan membesar, buahnya menjadi manis, akarnya menghujam kokoh ke dalam tanah dan daun-daunnya rimbun menjadikan suasana sejuk. Dalam dunia wirausaha menggunakan perumpamaan ini sebagai contoh dimana saat mendirikan usaha hendaknya anda memperhatikan dan mengamati sumberdaya sekitar anda. Manfaatkan apa saja potensi yang anda miliki, gunakan sumberdaya seoptimal mungkin dan amati potensi peluang dan resiko yang hendak anda hadapi kelak. Hasilnya adalah kehidupan yang terasa manis dan terlindungi dari panas matahari kehidupan yang keras.


Sebagaimana sebuah pohon yang tumbuh dengan memerlukan waktu lama, maka sebuah usaha pun bisa disimpulkan demikian. Jangan pernah berfikir untuk bisa mendapatkan keuntungan dengan waktu singkat, semuanya ada waktunya dan dijalani dengan hati yang sabar serta kerja keras. Jangan terburu-buru saat menjalankan usaha anda, jalani apa saja yang sedang anda jalani saat ini karena pada waktunya anda bisa mengembangkan usaha anda dengan peluang yang terbuka lebar. Apabila sebuah rintangan datang serta kesulitan tiba-tiba saja sedang anda hadapi maka yang perlu anda lakukan adalah menyelesaikan permasalahan tersebut serta menjadikannya pelajaran agar tidak terulang kesalahan yang sama.

Jangan pernah ragu untuk mencoba, lakukan berbagai macam riset sederhana dan mencoba hal-hal baru. Kemungkinannya adalah pengembangan usaha anda akan semakin cepat dan luas. Seperti sebuah pohn, semakin tinggi pohon tersebut maka derasnya angin akan semakin besar menerpa. Dengan pengalaman serta waktu yang besar yang sudah anda habiskan serta sumberdaya yang sudah anda gunakan, maka hal tersebut seperti sebuah penyangga berupa akar-akar kokoh yang akan menahan usaha anda dari gelmbang krisis.

Menjadi wirausaha adalah pilihan, bukan merupakan alternative dimana wirausaha hanya sebagai pelarian dunia kerja. Pada saat ini tidak jarang seseorang belajar setinggi mungkin untuk dapat memajukan usaha yang sedang ia jalani. Tidak jarang pula seseorang memang sudah benar-benar terjerumus dengan bidang wirausaha yang menjadikannya bagian dari hidup yang tidak terpisahkan. Semunya hanya untuk memenuhi ide-ide gila mendapatkan penghidupan dari konsep yang mereka yakini sebagai sebuah profesi.

Comments