Skip to main content

TIPS MENJAGA GAIRAH BEKERJA SAAT PEKERJAAN ANDA TERASA MEMBOSANKAN

Rutinitas pekerjaan setiap hari terkadang terasa membosankan. Berangkat pagi dan pulang petang, menghadapi kemacetan jalan perkotaan, pekerjaan menumpuk, dokumen-dokumen yang harus anda baca serta pelajari dan orang-orang yang harus anda temui setiap hari. Itulah pekerjaan, diantaranya membuat semangat terkuras hingga kehilangan gairah dan obsesi pekerjaan yang semestinya bertahan hingga pensiun kelak. Pekerjaan seperti ini punya lebih banyak kemungkinan akan cepat terasa bosan terutama pada pekerjaan yang bersifat kantoran yang monoton. Namun dengan beberapa cara anda bisa menghadapi semua itu hingga seakan-akan pekerjaan anda itu adalah nyawa anda yang harus anda jalani setiap hari.
Ilustrasi.

Sebelum menginjak pada pokok utama, disini saya jelaskan bahwa pekerjaan pada dasarnya adalah sebuah jalan menuju pemenuhan kebutuhan. Pekerjaan adalah sarana dimana kita akan mendapatkan keuntungan secara finansial berupa upah atau gajih, oleh sebab itu hampir semua orang di bumi ini berlomba-lomba berkarir dengan harapan terpenuhinya kebutuhan hidup sehari-hari tersebut. Bagaimana jika ternyata pekerjaan yang sedang anda jalani akhirnya membuat anda merasa bosan dan menderita?

Mungkin saja anda berfikir bahwa anda bisa mencari pekerjaan lain atau usaha bidang lain yang kelak akan membuat anda lebih segar akan nuansa baru. Namun cara ini sangat sulit dan tidak menjaminan bahwa anda akan mendapatkan pekerjaan yang lebih layak. Justru pekerjaan hari ini adalah harapan anda agar besok anda masih bisa menikmati hari-hari anda. Jangan sepelekan pekerjaan anda hari ini, karena tidak semua orang seberuntung anda sehingga bisa beraktifitas layaknya pekerja pada umumnya. Tidak ada yang mudah dan tidak ada yang sulit dalam pekerjaan, setiap permasalahan yang sedang anda jalani hari ini akan anda hadapi sehingga hari esok anda sendiri akan menganggap permasalahan tersebut hanyalah cerita lalu.

Mungkin permasalahannya adalah pekerjaan anda tidak sesuai dengan keinginan anda, atau cita-cita anda di masa lalu sehingga membuat karir yang sedang anda jalani kurang diminati sesuai dengan bidang yang anda kuasai. Namun, pekerjaan anda adalah kebutuhan yang sangat penting tanpa mempertimbangkan kebutuhan akan kepuasan batin anda sendiri. Nyatanya dengan pekerjaan anda hari ini menjadikan anda dapat melakukan hal lain yang anda sukai.

Pada umumnya seseorang yang merasakan bosan dan kurang bergairah dalam bekerja/berkarir sering diakibatkan oleh faktor kenyamanan. Baik lingkungan kerja maupun honor yang diterima tidak sesuai dengan jam kerja dan tugas yang harus dilaksanakan. Namun tidak jarang pula orang-orang melupakan kedua hal tersebut karena pekerjaan yang ia laksanakan adalah tanggung jawab sekaligus obsesi hidup untuk menikmati kesehariannya. Oleh sebab itu, gairah bekerja muncul karena kesan pribadi pada pekerjaan yang sedang dihadapi seseorang. Oleh sebab itu ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk tetap menjaga semangat/gairah bekerja ini.

1.Bekeluarga yang Harmonis.
Bekeluarga adalah salah satu jalan yang dapat di tempuh untuk mendapat semangat baru dalam pekerjaan. Dengan menjalin pernikahan dan membentuk sebuah keluarga yang harmonis akan menumbuhkan rasa tanggung jawab yang sangat tinggi dalam pekerjaan. Tak jarang beberapa perusahaan besar menyarankan karyawannya untuk segera berkeluarga, karena hal ini sangat penting terkait produktifitas perusahaan. Selain membentuk sebuah keluarga, anda harus dapat memupuk pengertian pada anggota keluarga anda kelak mengenai pentingnnya pekerjaan anda pada penghidupan sehari-hari. Dengan dukungan dari semua anggota keluarga, istri dan anak tersebut maka anda akan mendapatkan alasan yang sangat tepat pada saat anda kembali terpacu untuk bekerja labih giat.

Menjalin keluarga yang baik tentunya harus dengan landasan yang aik pula, binalah keluarga anda agar tetap harmonis dan berjalan bahagia. Berikan apa yang anda miliki untuk keluarga dimana anda bernaung, karena dengan pekerjaan yang anda miliki akan membuat keluarga anda bahagia. Anda tidak usah khawatir pada saat anda sakit karena keluarga yang anda bina dengan baik akan merawat anda hingga sembuh. Dengan ikatan keluarga bersama orang yang anda cintai akan menjadikan hari-hari anda adalah obsesi untuk tetap mengerjakan pekerjaan anda.

2.Menikmati Akhir Pekan.
Hari libur di akhir pekan adalah waktu yang sangat baik untuk mengembalikan kesegaran berfikir, mental dan suasana hati anda. Menikmati akhir pekan bisa dilakukan dengan berbagai hal yang sangat menyenangkan. Mengunjungi tempat-tempat wisata, berkumpul dengan keluarga di rumah, olahraga pagi, pulang kampung atau tidur sehari penuh diyakini dapat mengembalikan kesegaran anda di akhir pekan tersebut. Buatlah suasana akhir pekan anda menyenangkan dan dipenuhi dengan hal-hal yang anda gemari. Misalnya dengan bermain game yang selama ini belum anda selesaikan atau membuat janji kencan dengan pacar anda jika anda belum menikah.

Hari libur seakan sebuah ruangan kosong yang diperuntukan bagi anda sebagai tempat mengekspresikan diri anda. Walaupun waktu akhir pekan memang sangat singkat, namun itu sudah sangat cukup untuk mengembalikan suasana hati dan kesegaran obsesi pekerjaan anda. Lakukanlah berbagai kegiatan yang mengesankan walau hanya sehari, karena kegiatan yang anda lakukan memang jarang di lakukan pada rutinitas anda. Jadilah diri anda sendiri pada hari libur ini, karena di lingkungan pekerjaan anda tidak akan mendapatkan kesempatan besar semacam ini.

3.Pekerjaan Anda Adalah Obsesi
Seseorang akan melakukan sebuah pekerjaan apapun dengan upah seminim apapun akan tetap semangat saat menemukan obsesi dan gairah pada mental pribadinya. Hal ini sangat penting karena akan menentukan bagaimana seseorang menyelesaikan pekerjaannya. Obsesi ini datang mana kala seseorang mendapatkan angin baru dari ekspresi dan inspirasi yang dapat ia salurkan melalui pekerjaannya. Sebuah inspirasi misalnya akan datang saat seseorang mendapatkan peluang untuk menyalurkan pada ruang tertentu yang disebut peran aktif karyawan. Inilah kenapa pada setiap perusahaan besar memberikan ruang yang lebih leluasa untuk karyawannya mengutarakan pendapat dalam pekerjaan tersebut.

Anda bisa memberikan peran aktif anda di perusahaan sesuai dengan peraturan yang berlaku, manfaatkan moment ini dengan baik karena ini sangat baik bagi keberlangsungan karir anda. Selain itu anda bisa membuat bidang lain yang memiliki keuntungan secara finansial seperti mendirikan usaha kecil dirumah dan usaha bidang lain yang secara tidak langsung melibatkan anda pada aspek pemikiran anda. Hal ini akan memberikan dampak positif pada alur berfikir kreatif anda saat di meja kerja.

4.Lingkungan Kerja Anda Adalah Keluarga Ke Dua
Selain membina keharmonisan keluarga anda di rumah, anda juga perlu membina keharmonisan hubungan diantara rekan kerja anda yang lain. Jika anda merupakan atasan dan membawahi beberapa bawahan lain, maka bina mereka dengan sebaik mungkin sehingga hubungan anda dengan bawahan tetap baik. Jangan pernah ragu menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi yang bersifat internal, jangan pernah anda lari dari maslah atau menundanya berlarut-larut.

Suasana harmonis serta keakraban diantara lingkungan karyawan sangat dibutuhkan sebagai salah satu aspek kenyamanan lingkungan kerja. Berbagai kegiatan non formal yang dilaksanakan di tempat kerja bisa menjadi sarana yang tepat untuk mendekatkan diri anda dengan rekan-rekan anda tersebut. Banyak sekali manfaat yang bisa anda ambil dari keharmonisan hubungan dengan sesama rekanan ini, pada saat anda mengalami kesulitan atau permasalahan maka rekan anda adalah keluarga kedua sebagai tempat bersandar untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Comments